Kamis, 07 Oktober 2021 17:44

Misteri Kaburnya Penculik Anak dari Markas Polres Gowa, Kini Disayembarakan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelaku RA.
Pelaku RA.

Tidak hanya pencarian di internal Polres Gowa. Untuk menemukan pelaku secepatnya, sayembara terbuka untuk masyarakat umum.

RAKYATKU.COM, GOWA - Sepekan setelah kabur dari Markas Polres Gowa, keberadaan pelaku penculikan anak di bawah umur berinisial RA masih menjadi misteri. Hingga saat ini Polres Gowa masih mengejar pelaku.

Kapolres Gowa, AKBP Tri Goffarudin Pulungan, mengatakan anggotanya masih terus melakukan pengejaran terhadap pelaku RA. Bahkan pihaknya pun akan memberikan reward kepada anggotanya yang berhasil mengamankan pelaku tersebut.

"Sementara masih tetap dilakukan pencarian. Saya sudah sampaikan kepada personel Polres Gowa bagi yang berhasil mengamankan pelaku akan saya berikan penghargaan," kata AKBP Tri, Kamis (7/10/2021).

Baca Juga : Pasutri yang Dipukul Satpol PP di Gowa Ditetapkan Tersangka

Tidak hanya pencarian di internal Polres Gowa. Untuk menemukan pelaku secepatnya, AKBP Tri mengatakan sayembara untuk menemukan pelaku terbuka untuk masyarakat umum.

"Terkhusus untuk masyarakat yang berani untuk melaporkan perihal keberadaan pelaku akan saya berikan hadiah khusus," tambahnya.

 

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Gowa, AKP Boby Rahcman, mengatakan pelaku berhasil melarikan diri pada Kamis dini hari (30/9/2021).

Baca Juga : Diintip dari Jendela, Warga Gowa Sandar di Kursi Sudah Tak Bernyawa

"Kemarin kabur tanggal 30 dini hari sekitar jam 1," kata Boby, Jumat (1/10/2021) lalu.

Sponsored by MGID

Meski telah kabur, Boby enggan merincikan posisi terakhir pelaku sebelum melarikan diri. Ia juga enggan menjawab saat ditanya apakah posisi terakhir korban sebelum kabur berada di dalam sel tahanan atau di tempat lain.

"Kabur, ya, kabur. Jadi sekarang tim Resmob sementara mencari keberadaan pelaku," tambahnya.

Baca Juga : Dari Makassar Menuju Takalar, Pengendara Motor Tewas Tertimpa Pohon di Gowa

Meski tidak menerangkan secara jelas lokasi tepat kaburnya pelaku, Boby menegaskan pihaknya tidak dengan sengaja membuat pelaku kabur dari markas Polres Gowa. Pasalnya, untuk menangkap pelaku, sebelumnya mereka telah bekerja keras.

"Mana mungkin kita kasih kabur. Dulu kita tangkap masa kita mau kasih kabur. Itu, kan, jauh di Maumere tangkapnya tidak mungkin masa mau dikasih kabur," sebutnya.

Pasca kaburnya pelaku, Boby mengatakan pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan keluarga pelaku agar bertindak kooperatif. Aksi kabur inipun disebut bisa saja menjadi pemberat proses hukum dugaan kejahatan yang melibatkan pelaku.

Baca Juga : Begini Kronologi Dua Orang Tewas Tersambar Petir di Gowa

"Kita sudah hubungi orang tuanya kooperatif untuk memberi tahu keberadaannya 1 kali 24 jam. Kabur jelas memberatkan. Yang penting kita dapat dulu, nanti kita proses lanjut lagi," sebutnya.

Terkait kejahatan yang dilakukan pelaku, Boby mengatakan sejauh ini masih terus bergulir. Ia mengatakan sementara dilengkapi karena berkas perkara dikembalikan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk dilengkapi atau P19.

"Berkasnya juga sudah jalan. Ada P19. Tinggal dilengkapi. Mudah-mudahan tim Resmob bisa nangkap kembali. Tugas kita mencari dulu. Korban sudah berada di rumah nya," sebutnya.

Baca Juga : Dicetak di Makassar, Pengedar Uang Palsu Asal Riau Diringkus di Gowa

Sebelumnya pelaku telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) selama 11 bulan. Pelaku akhirnya ditangkap di Maumere, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Anggota Satuan Reskrim Polres Gowa turun langsung menjemput pelaku.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Syukur
#Kasus Penculikan #Penculik Anak #Polres Gowa