Minggu, 03 Oktober 2021 17:01

Melihat dari Dekat Stadion Lukas Enembe yang Sempat Masuk Nominasi Terbaik Dunia 2019

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Melihat dari Dekat Stadion Lukas Enembe yang Sempat Masuk Nominasi Terbaik Dunia 2019

Stadion Lukas Enembe dibangun sejak 2016 dan sekesai pada Juni 2019. Setelah rampung, stadion yang awalnya bernama Stadion Papua Bangkit berubah nama menjadi Stadion Lukas Enembe.

RAKYATKU.COM -- Stadion Lukas Enembe akan menjadi warisan PON XX Papua. Seperti apa stadion yang sempat masuk nominasi stadion terbaik dunia 2019 itu?

Awalnya bernama Stadion Papua Bangkit, Stadion Lukas Enembe dibangun di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Stadion tersebut berkapasitas 42 ribu penonton. Dibangun sesuai standar internasional. Memenuhi peraturan federasi sepak bola internasional (FIFA) dengan luas stadion 71.697 meter persegi di atas lahan 13 hektare.

Baca Juga : Sipir Lapas Makassar Harumkan Nama Sulsel di PON Papua

Stadion Lukas Enembe dibangun sejak 2016 hingga tahun anggaran 2019. Stadion ini disebut menghabiskan anggaran Rp1,3 triliun yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengakui keberadaan Stadion Lukas Enembe telah menjadi kebanggaan khusus bagi masyarakat di tanah Papua.

 

"Saya harapkan, setelah Stadion Lukas Enembe menjadi saksi sejarah baru di dunia olahraga Indonesia karena Papua torang bisa menjadi penyelenggara PON XX Papua 2021," ungkap Gubernur Lukas Enembe pada peresmian stadion di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Ketua Perkemi Sulsel Apresiasi Capaian Medali Emas di PON Papua

Stadion Lukas Enembe dikerjakan PT PP (Persero) Tbk, perusahaan BUMN yang bergerak di bidang investasi dan konstruksi. Mereka mengklaim Stadion Lukas Enembe Papua ini stadion terbaik dan termegah kedua yang ada di Indonesia setelah Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Sponsored by MGID

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT PP (Persero) Agus Purbianto mengatakan, desain stadion disesuaikan dengan budaya masyarakat Papua, yaitu Honai.

Karena keunggulannya, Stadion Lukas Enembe berhasil masuk sebagai salah satu nominasi stadion terbaik dunia 2019 yang diselenggarakan oleh media online asal Polandia, yaitu StadiumDB.com.

Baca Juga : Karate Sulsel Sukses Kawinkan Medali Emas Kata Beregu di PON Papua

Stadion ini bersaing dengan 21 stadion lainnya yang berasal dari 19 negara yang untuk menjadi yang terbaik.

Bangunan Stadion Lukas Enembe terdiri atas tiga lantai. Dilengkapi lintasan atletik yang telah tersertifikasi IAAF, lapangan yang telah mengikuti standar FIFA, serta sarana pendukung lainnya yang didatangkan langsung dari luar negeri.

Stadion ini memiliki dua lapangan, yaitu lapangan utama dan lapangan pemanasan.

Baca Juga : Muaythai Putri, Peraih Medali Emas Pertama Kontingen Sulsel di PON

Stadion ini diharapkan menjadi pelecut semangat bibit potensial Papua untuk berprestasi di ajang internasional. Khusus sepak bola, Papua banyak melahirkan pemain andal yang membela timnas di berbagai ajang.

Sebutlah di antaranya Boaz Solossa, Aples Tecuari, Elie Aiboy, Osvaldo Haay, Titus Bonay, dan atlet timnas futsal Indonesia asal Merauke Jailani Ladjanibi.

 

Sponsored by advertnative
 
#stadion lukas enembe #PON Papua 2021