Rabu, 29 September 2021 08:55

Warga Lumpuh Usai Ikuti Vaksinasi COVID-19 untuk Buka Tabungan PKH

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ia awalnya mengalami demam sebelum akhirnya tidak bisa menggerakkan anggota tubuhnya.

RAKYATKU.COM, ACEH - Seorang warga di Desa Lataling, Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue, Aceh, lumpuh usai disuntik vaksin COVID-19. Ia awalnya mengalami demam sebelum akhirnya tidak bisa menggerakkan anggota tubuhnya.

Dilansir Antara, Rabu (29/9/2021), warga yang lumpuh usai disuntik vaksin COVID-19 itu bernama Jumisni (35). Dia divaksinasi COVID-19 di Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue, Jumat (17/9/2021).

"Sehari setelah divaksin, adik saya ini merasa tidak enak badan. Demam, pusing, kemudian badannya terasa kebas. Namun, ia masih berusaha menahannya karena dia pikir itu hanya demam biasa," kata kakak Jusmini, Ros.

Baca Juga : PPKM Dicabut, Dinkes Sulsel Minta Masyarakat Tetap Vaksinasi Covid-19

Ros mengatakan, Jusmini tidak bisa lagi menggerakkan kakinya dan dia hanya bisa tertidur di rumahnya pada Minggu (26/9/2021). Keluarga kemudian membawa Jusmini ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Simeulue, Aceh.

Kepala Desa Lataling, Agusman, mengatakan warganya yang mengikuti vaksinasi tersebut saat membuat buku tabungan dana program keluarga harapan (PKH) di pusat pemerintahan kecamatan.

"Saat mereka membuat tabungan PKH, para penerima terlebih dahulu disuntik vaksin COVID-19," ujar Agusman.

Baca Juga : Presiden Jokowi Vaksinasi Booster Pakai IndoVac, Menkes Budi: Sangat Ampuh

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Simeulue, Maulina Sri Rizki, mengatakan gejala lumpuh yang dialami Jusmini setelah imunisasi COVID-19 dinamakan kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI). Dia mengatakan pasien tersebut bakal pulih.

"Kejadian seperti ini kemungkinan terjadi pada pasien setelah imunisasi COVID-19. Namun, setelah dirawat, pasien akan kembali lebih baik," ujar Maulina.

Maulina mengajak masyarakat Simeulue tetap mengikuti vaksinasi COVID-19. Dia mengatakan vaksinasi merupakan upaya mengatasi pandemi COVID-19.

Baca Juga : Pakai IndoVac, Presiden Jokowi Resmi Vaksin Covid-19 Dosis Keempat

Dia meminta warga yang mengalami mual, muntah dan pusing setelah menjalani vaksinasi COVID-19 segera melaporkan kepada petugas medis. Menurutnya, hal itu untuk mencegah efek samping lain.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Simeulue, Farhan, mengatakan kejadian dialami Jusmini ini memang ada terjadi pada satu-dua pasien setelah vaksinasi vaksin COVID-19.

"Khusus untuk pasien yang bernama Jusmini, kondisinya baru diketahui setelah 9 hari setelah imunisasi. Saat ini pasien dalam kondisi lebih baik setelah mendapat perawatan medis. Jika diperlukan pasien akan menjalani fisioterapi untuk penyembuhan," ujar Farhan.

Baca Juga : Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Ahli Epidemiologi Imbau Masyarakat Lengkapi Vaksinasi

Sumber: Antara

#vaksinasi covid-19 #lumpuh #Aceh