Selasa, 28 September 2021 12:03

8 Permainan untuk Melatih Konsentrasi dan Fokus Anak

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
8 Permainan untuk Melatih Konsentrasi dan Fokus Anak

Ada banyak cara untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi anak. Delapan aplikasi permainan ini bisa membantu.

RAKYATKU.COM -- Proses pembelajaran di era pandemi menuntut anak untuk mencapai pemahaman yang tinggi terhadap konsep dan konten pembelajaran yang disampaikan secara daring. Dan untuk mencapai level ini, anak-anak perlu untuk meningkatkan perhatian dan kapasitas konsentrasi dengan cara yang menyenangkan.

 Ada banyak cara untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi anak. Apalagi sekarang ada banyak aplikasi permainan yang sengaja disiapkan untuk mengasah kemampuan kognitif yang satu ini. Nah untuk para orang tua yang sedang bingung, berikut 8 aplikasi permainan untuk melatih konsentrasi dan fokus anak.

 NeuroNation

Aplikasi ini diklaim mampu memperkuat memori dan membantu konsentrasi anak. Terdapat 8 jenis kursus khusus dan 29 latihan yang disiapkan untuk meningkatkan konsentrasi. Para orang tua juga bisa merubah jenis latihan dan memperoleh statistik terperinci tentang performa si buah hati. Aplikasi ini juga diperbarui secara teratur, baik dalam versi Android dan iOS.

 Elevate

 

Melalui program yang dipersonalisasi, Elevate juga diklaim memungkinkan penggunanya untuk meningkatkan konsentrasi, memori dan pemahaman. SuperApp ini memiliki 30 jenis game yang dapat disesuaikan level kesusahannya.

 Lumosity

Sponsored by MGID

Dikembangkan oleh ilmuwan dan desainer, aplikasi ini (tersedia untuk iOS dan Android) mencakup 25 game, dibagi ke dalam kategori berbeda, yang dapat digunakan untuk meningkatkan 5 keterampilan kognitif dasar. Prosesnya dapat diikuti selangkah demi selangkah berkat analisis terperinci yang membantu pengguna untuk mengetahui kemampuan mereka.

 ADHD Trainer

Dirancang oleh Dr. Kazuhiro Tajima, psikiater yang merupakan ahli ADHD terkemuka, aplikasi ini dapat membantu dalam proses perbaikan defisit perhatian dan masalah ADHD. Game ini hanya perlu dimainkan selama 10 menit, di mana berbagai tugas dan latihan kognitif akan disiapkan sesuai dengan kemampuan dasar pengguna.

 Clockwork Brain

Aplikasi game yang satu ini mengambil pendekatan yang unik untuk meningkatkan konsentrasi. Clockwork Brain dapat merangsang pikiran penggunanya dengan menawarkan teka-teki, bermain minigame yang masing-masing dikembangkan untuk melatih keterampilan kognitif yang berbeda. Aplikasi ini dianggap sebagai salah satu dari 500 aplikasi terbaik di dunia versi The Sunday Times.

 Skillz

Kalau si buah hati kebetulan tertarik dengan permainan berbasi logika, aplikasi yang satu ini mungkin bisa jadi pilihan terbaik. Berisi permainan menyenangkan dalam bentuk kartu, Skilz dapat berfungsi untuk meningkatkan daya ingat, melatih refleksi, meningkatkan akurasi dan kecepatan mental, mempelajari koordinasi warna dan meningkatkan keterampilan mental.

 Eidetic

Secara konsep, Eidetic sebenarnya agak berbeda dari aplikasi lain. Pengoperasiannya didasarkan pada pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, seperti menghafal nomor telepon atau nama jalan. Berdasarkan target tersebut, aplikasi ini akan mengusulkan skema belajar yang dikenal sebagai pengulangan bertahap. Dengan konsep ini, pengguna akan dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi dan fokus mereka.

 LingoAce

Software pembelajaran ini mungkin tidak per se bisa dibilang permainan ya. Tapi jangan salah sangka dulu karena dalam proses belajar mengajarnya, LingoAce juga telah mengadopsi cara belajar melalui bermain. Skema ini dianggap menjadi yang paling cocok untuk digunakan bagi peserta didik umur 6 sampai 15 tahun.

 Bukan hanya selama proses pertukaran informasinya saja, tugas dan media pembelajaran yang digunakan LingoAce juga tergolong santai dan tidak memberatkan. Atmosfir seperti ini dipercaya akan dapat merealisasikan proses pembelajaran bahasa yang otentik, menarik dan efektif untuk generasi digital.

 Ayo, cobain sekarang dengan menggunakan link ini untuk mendaftar kelas free trial gratis dari LingoAce!

 

Sponsored by advertnative
 
#LingoAce