Rabu, 22 September 2021 15:06

MAN 2 Makassar Ikut Kompetisi ASEAN Robotic Day 2021, Kemenag Beri Dukungan Semangat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Makassar mengikuti ASEAN Robotic Day (ARD) 2021.
Siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Makassar mengikuti ASEAN Robotic Day (ARD) 2021.

"Lewat kompetisi ini diharapkan generasi muda bisa menguasai peradaban Islam lewat sains dan teknologi melalui ASEAN Robotic Day," kata Muhammad Zain, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Makassar mengikuti ASEAN Robotic Day (ARD) 2021, kompetisi robotik rutin yang diikuti negara-negara ASEAN (Perhimpunan negara-negara Asia Tenggara).

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI, Muhammad Zain, hadir memberikan semangat dan menginspirasi tenaga pendidik dan kependidikan MAN 2 Kota Makassar.

Dia menyempatkan diri melihat kegiatan pelajar MAN 2 Kota Makassar yang mengikuti kegiatan ARD ini, Selasa (21/9/2021). Dirinya pun menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Salah satu kunci kemajuan peradaban Islam, kata dia, adalah sains dan teknologi.

Baca Juga : Bikin Bangga, 2 Tim Robotic MAN 2 Kota Makassar Berhasil Juarai ASEAN Robotic Day 2021

"Lewat kompetisi ini diharapkan generasi muda bisa menguasai peradaban Islam lewat sains dan teknologi melalui ASEAN Robotic Day," kata Muhammad Zain.

Sementara, Kepala MAN 2 Kota Makassar, Darmawati, mengungkapkan madrasah yang dipimpinnya mengikuti dua kategori lomba dari empat lomba yang dipertandingkan.

 

Untuk kategori theater, tampil mewakili MAN 2 adalah Syafila Firdha Nafeeza kelas X MIPA 2, Ghiyas Fazle Mawla (X MIPA 2), Muhammad Restu Dwi Saputra (X MIPA 3), dan Syahnanda Dwi Putri (X MIPA 4).

Baca Juga : Plt Dirjen PHU Kemenag RI Tepis Hoaks Seputar Haji dan Umrah

Sementara, kategori simple task robot creation, masing-masing Putri Saktiani (XII MIA 2), Andi Nur Annisa Syarkawi (XII Mia 2), dan Afifah Nur Ramadhani ( XI Mia 1). Lomba lain yang dipertandingkan adalah creative (senior & junior), dan robot in movie.

Sponsored by MGID

“Untuk kategori theater peserta tampil dalam waktu tujuh menit, sedangkan kategori simple task robot creation peserta harus menyusun sebuah menyelesaikan rangkaian yang ditentukan dalam waktu tiga jam,” ujarnya.

Pada tahun ini, ASEAN Robotic Day kembali dan akan dilaksanakan pada 21--22 September 2021 secara virtual, hal ini tidak terlepas dari kondisi pandemi. Acara dua tahunan ini merupakan kompetisi dan ajang pembuktian kemampuan robotika pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA/K se-ASEAN.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Usman Pala
#MAN 2 Kota Makassar #kementerian agama #ASEAN Robotic Day 2021