Selasa, 14 September 2021 14:51

BMKG: Empat Provinsi Ini Berpotensi Banjir Bandang pada 15 September 2021

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ILUSTRASI. Warga yang berada di bantaran sungai diminta waspada sepekan ke depan.
ILUSTRASI. Warga yang berada di bantaran sungai diminta waspada sepekan ke depan.

Empat provinsi di Indonesia diperkirakan terdampak bencana hidrometeorologi pada Rabu, 15 September 2021.

RAKYATKU.COM - Lagu November Rain tidak berlaku tahun ini. Musim hujan datang lebih awal dan diprediksi langsung berdampak besar.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosifika (BMKG) memperkirakan terjadinya potensi hujan lebat di 27 provinsi sepanjang 13-20 September 2021.

Dari 27 provinsi tersebut, empat di antaranya berpotensi diterjang banjir bandang. Berdasarkan data BMKG, hujan lebat yang berpotensi banjir besar itu terjadi pada Rabu, 15 September 2021.

Baca Juga : Peringatan Tsunami! BMKG Minta Warga Maluku Tengah Jauhi Pantai

Potensi itu diketahui berdasarkan Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak (IBF-Impact Based Forecast) BMKG.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, keempat provinsi tersebut berpeluang terdampak bencana hidrometeorologi.

 

Dampak bencana tersebut dapat berupa banjir, banjir bandang, dan atau tanah longsor dari cuaca ekstrem yang akan terjadi pada tanggal 15 September 2021.

Baca Juga : BMKG Ingatkan Potensi Tsunami 29 Meter, Warga Diminta Buat Jalur Evakuasi ke Dataran Tinggi

Empat provinsi yang masuk level siaga, yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Terkait informasi wilayah terdampak yang lebih spesifik hingga level kecamatan dapat diakses di laman https://signature.bmkg.go.id/.

Sponsored by MGID

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan," imbau Guswanto.

Sementara provinsi lainnya berpotensi hujan lebat disertai kilat, petir, dan angin kencang.

Baca Juga : Soal Gempa Magnitudo 8.5 dan Tsunami pada 4 Juni, Ini Penjelasan Resmi BMKG

“Sebanyak 14,6 persen akan mengawali musim hujan maju di bulan September 2021 meliputi Sumatera bagian tengah dan sebagian Kalimantan,” kata Guswanto dalam keterangan tertulis, Selasa (14/9/2021).

Provinsi dimaksud yakni Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur.

Kemudian, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga : Gerhana Bulan Total Diikuti Banjir Rob, BMKG Umumkan Wilayah yang Berpotensi Terdampak

 

Sponsored by advertnative
 
#bmkg