Senin, 13 September 2021 17:07

Bupati dan Ketua IDI Saling Lempar Pujian di Pelantikan Ikatan Dokter Indonesia Barru

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati dan Ketua IDI Saling Lempar Pujian di Pelantikan Ikatan Dokter Indonesia Barru

Bupati Barru meminta kepada IDI untuk tidak takut memberi rekomendasi ke Pemerintah Daerah jika ada hal yang terkait pelayanan kesehatan guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Pemkab siap merespons positif.

RAKYATKU.COM,BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh menghadiri pelantikan Pengurus Cabang Ikatan Dokter Indonesia (PC IDI) Kabupaten Barru periode 2021-2024 di Baruga Singkerru Adae rumah jabatan bupati Barru.

Bupati Barru, Suardi Saleh menyampaikan selamat atas pelantikan Pengurus Cabang IDI Barru yang baru.

"Saya ucapkan selamat atas pelantikan Pengurus Cabang Ikatan Dokter Indonesia Cabang Barru (PC IDI) Kabupaten Barru," kata Bupati mengawali sambutannya.

Baca Juga : Ikatan Dokter Indonesia Barru Perkenalkan Diri ke Bupati dan Masyarakat

Bupati mengatakan, profesi dokter adalah pilihan. Oleh karena karena itu, seorang dokter yang menjalankan profesinya harus bekerja profesional. Khususnya dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dirinya meminta kepada IDI untuk tidak takut memberi rekomendasi ke Pemerintah Daerah jika ada hal yang terkait pelayanan kesehatan guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Pemkab siap merespons positif.

Terkait pemenuhan hak-hak tenaga kesehatan (nakes) yang berjuang di garis terdepan dalam memerangi Covid-19, bupati dua priode itu mengaku sudah dapat disalurkan.

Baca Juga : Buka Muscab Ikatan Dokter Indonesia Barru, Bupati Titip Pesan Tingkatkan Pelayanan

"Terkait dengan masalah insentif para tenaga kesehatan, segera disalurkan kepada yang berhak. Persetujuan pencairan sudah saya tanda tangani," jelas Suardi yang disambut tepuk tangan hadirin.

Lebih lanjut dikatakan Suardi Saleh, saat ini pemerintah daerah tidak hanya memberi perhatian terhadap pelayanan pasien yang dirawat di RSUD, tapi juga memberi kemudahan terhadap keluarga pasien.

Baca Juga : Buka Muscab Ikatan Dokter Indonesia Barru, Bupati Titip Pesan Tingkatkan Pelayanan

Pemda Barru telah menyiapkan rumah singgah bagi keluarga pasien yang ada keluarganya dirawat sehingga mereka tidak perlu lagi repot mencari tempat menginap. Pemda Barru menyiapkan rumah singgah di sekitar rumah sakit rujukan, baik di Barru maupun di Makassar.

Di bagian lain, bupati kembali mengingatkan perlunya terus mengedukasi masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan.

"Meski kasus Covid-19 di Barru sudah melandai, namun kita tidak boleh lengah karena pandemi belum selesai," kata Suardi.

Baca Juga : Buka Muscab Ikatan Dokter Indonesia Barru, Bupati Titip Pesan Tingkatkan Pelayanan

Ketua PW IDI Sulselbar yang juga kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Dr Muh Ikhsan Mustari MHM usai melantik pengurus IDI Barru memuji kinerja Bupati Barru Suardi Saleh dalam penanganan Covid-19. Termasuk serapan pelayanan vaksinasi yang menurut data masuk lima besar tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Ketua IDI Cabang Barru yang baru dilantik, dr Suryadi Nurdin. SpB MKes menyampaikan apresiasi atas pencapaian pemerintah daerah terkait keberhasilan Barru dalam pencapaian Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional 98 persen.

"Ini bukti komitmen Pemerintah Daerah Barru dalam pemenuhan hak-hak dasar warganya," puji Suriadi.

Baca Juga : Buka Muscab Ikatan Dokter Indonesia Barru, Bupati Titip Pesan Tingkatkan Pelayanan

Turut hadir dalam acara tersebut, anggota DPR RI yang juga Ketua TP PKK Barru, drg H Hasnah Syam MARS; Kadis Kesehatan Barru, Dr Amis Rifai, Direktur RSUD Barru Dr A Nikmawati, serta pimpinan organisasi profesi, IBI, PPNI, dan undangan.

Penulis : Achmad Afandy
#IDI Barru