Rabu, 01 September 2021 14:59

Kepala BKPSDM Palopo: Kepala Sekolah Harus Miliki Kepribadian Baik

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala BKPSDM Palopo: Kepala Sekolah Harus Miliki Kepribadian Baik

Menjadi kepala sekolah nantinya yaitu seorang guru yang telah memenuhi 13 standar kompetensi.

PALOPO – Pemerintah Kota Palopo bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Selatan dan Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Kepala Sekolah (LPPKSPS) tahun 2021, menggelar kegiatan seleksi substansi bakal calon kepala sekolah, Rabu, (1/9/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Kota Palopo, dibuka secara resmi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palopo Farid Kasim Judas SH, M.Si, MH, yang mewakili Wali Kota Palopo.

Dalam sambutannya, Farid Kasim Judas mengatakan, masa depan untuk anak didik dan masa depan kualitas pendidikan, ditentukan dari kompetensi seorang guru.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

“Dan yang wajar menjadi kepala sekolah nantinya yaitu seorang guru yang telah memenuhi 13 standar kompetensi. Salah satunya, memiliki kompetensi kepribadian yang baik,” bebernya.

Farid Kasim Judas menegaskan, belum tentu seluruh kepala sekolah dan guru yang mengikuti kegiatan seleksi substansi bakal calon kepala sekolah tahun 2021 ini akan lolos.

Karena, seleksi ini hanya dikhususkan bagi peserta bakal calon kepala sekolah yang bersyarat dan memiliki kapasitas serta kompetensi guna mendapatkan sertifikasi calon kepala sekolah.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Perwakilan LPPKSPS Sulawesi Selatan Prof Patang menjelaskan, peran dan tanggung jawab antar lembaga terkait dalam program penyiapan calon kepala sekolah serta pengangkatan kepala sekolah, hanya dikhususkan bagi calon yang telah mengikuti proyeksi kebutuhan pengusulan bakal calon seleksi administrasi seleksi substansi diklat penertiban STTPP CKS dan pernah diangkat menjadi pimpinan tertinggi di sekolah.

Sementara Kepala LPMP Provinsi Sulsel Dr Abdul Halim Muharram, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, dalam pelaksanaan rekrutmen atau seleksi bakal calon kepala sekolah, akan menjadi rekomendasi untuk menjadi kepala sekolah pada tahun 2022 mendatang.

Ini, akan ditandai dalam program guru penggerak kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

Menurutnya, peserta hanya dikhususkan bagi yang telah mengikuti seleksi administrasi dan seleksi substansi. Peserta yang lolos menjadi calon Kepsek akan ditandai melalui program guru penggerak Kota Palopo.

Pada kesempatan itu, Nampak hadir kepala sekolah se-Kota Palopo atau yang mewakili.

#pemkot palopo