Selasa, 31 Agustus 2021 16:37

Pemkot Bersama TP PKK Parepare Luncurkan Vaksinasi COVID-19 untuk Bumil

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peluncuran vaksinasi untuk ibu hamil dipusatkan di Aula RSUD Andi Makkasau Parepare, Selasa (31/8/2021).
Peluncuran vaksinasi untuk ibu hamil dipusatkan di Aula RSUD Andi Makkasau Parepare, Selasa (31/8/2021).

Vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil yang dilakukan pemerintah secara bertahap ini adalah kunci utama yang sangat menentukan kebangkitan bangsa pascapandemi COVID-19.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pemkot Parepare" href="https://rakyatku.com/tag/pemkot-parepare">Pemkot Parepare bekerja sama TP PKK Parepare meluncurkan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil (bumil). Langkah sebagai upaya mengantisipasi tingginya angka kasus bumil terinfeksi Covid-19.

Peluncuran yang dipusatkan di Aula RSUD Andi Makkasau Parepare, Selasa (31/8/2021), dilakukan oleh Ketua TP PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, secara virtual.

Vaksinasi perdana yang menyasar 535 orang bumil ini dihadiri Ketua Pokja IV TP PKK Parepare, Renny Anggraeny Sari, perwakilan Dinas Kesehatan, dan DP3A.

Baca Juga : Wali Kota Parepare Hadiri Pengukuhan Gelar Profesor Andi Makbul Aman

Erna saat membuka kegiatan secara virtual mengatakan, pemberian vaksin bagi bumil merupakan salah satu upaya yang ditempuh pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID-19.

Vaksinasi COVID-19 bagi bumil yang dilakukan pemerintah secara bertahap ini, lanjut Erna, adalah kunci utama yang sangat menentukan kebangkitan bangsa pascapandemi.

 

"Hal ini merupakan sebuah langkah penting, langkah bersama kita untuk membawa bangsa kita keluar dari pandemi, memberikan perlindungan kesehatan dan keselamatan pada rakyat khususnya pada ibu hamil dan janinnya," ujar Erna.

Baca Juga : Wali Kota Parepare Lantik 91 Pejabat Administrator dan Pengawas

Sementara, Ketua Pokja IV TP PKK Kota Parepare, Renny Anggraeny Sari, menjelaskan pelaksnaan vaksinasi ini berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan RI yang telah diterima oleh Pemkot Parepare sejak 2 Agustus lalu.

Sponsored by MGID

Untuk pencanangan vaksinasi perdana bagi bumil ini, sebanyak 535 data bumil terverifikasi oleh Provinsi Sulsel dan telah telah dinyatakan memenuhi syarat untuk dilakukan vaksin.

Namun, pada pencanangan ini, tambah dia, direncanakan sekitar 35 sampai 40 orang yang telah terdaftar. "Untuk Sulawesi Selatan sudah dilakukan dua minggu lalu dan hari ini Parepare," kata Renny.

Baca Juga : Diinisiasi KSOP Parepare, Nelayan di Pinrang Dibagikan Sertifikat Pas Kecil dan Life Jacket

Berdasarkan hasil penelitian, kata dia, pemberian vaksinasi bagi bumil dapat dilakukan bagi usia kehamilan 13 sampai 33 pekan.

"Untuk data di Parepare sudah ada empat ibu hamil yang meninggal karena terinveksi COVID-19 dan ada cukup banyak ibu hamil terpapar," ungkap Renny.

Oleh karena itu, ia mengajak semua bumil memanfaatkan kesempatan ini untuk vaksinasi demi kesehatan dan keselamatannya. "Jangan khawatir karena kita akan lakukan screening sebelumnya, apakah kondisinya stabil untuk dilakukan vaksinasi atau tidak," tuturnya.

Baca Juga : Wali Kota Parepare Ingatkan Vaksinasi Anak Harus Izin Orang Tua

Para bumil yang telah divaksin juga diberikan cendera mata dari PT Kalbe Nutrision. Kegiatan itu turut didukung Persatuaan Dokter Obstetri dan Gynaecologi Indonesia Kota Parapere dan Ikatan Bidan Indonesia Kota Parepare.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #pkk parepare