Selasa, 31 Agustus 2021 11:51

Bupati Barru Launching Inovasi SMART SPPD

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru Launching Inovasi SMART SPPD

Smart SPPD ini lahir dengan tujuan memberi kemudahan dalam hal pengelolaan administrasi secara elektronik khususnya terkait perjalanan dinas.

RAKYATKU.COM,BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh melaunching inovasi Smart Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) melalui virtual lingkup Sekretariat Daerah di Barru Smart Information Centre (Basic), Senin (30/8/2021).

Suardi Saleh berterima kasih atas lahirnya inovasi SMART SPPD ini, ke depan ia berharap aplikasi ini dapat diterapkan ke semua perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Barru.

Dirinya menyampaikan terima kasih kepada Kabag Umum Pemkab Barru, Andi Rusman Rustam sebagai inisiator atau refeformer aplikasi Smart SPPD ini.

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

"Kami mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya atas lahirnya inovasi SPPD SMART ini, semoga inovasi ini menjadi pijakan untuk lahirnya inovasi-inovasi baru lainnya di daerah tercinta ini," kata Suardi Saleh.

"Ke depan, aplikasi ini bisa membawa perubahan pada peningkatan kualitas kerja dan kinerja aparatur kita sebagai salah satu bentuk pengabdian untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kita di Kabupaten Barru," tambahnya.

Smart SPPD ini lahir dengan tujuan memberi kemudahan dalam hal pengelolaan administrasi secara elektronik khususnya terkait perjalanan dinas.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Aplikasi SMART SPPD ini akan menjadi salah satu inovasi administrasi di lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Barru yang kian hari dituntut untuk semakin cepat, akuntabel dan transparan.

"Ini merupakan paradigma pelayanan yang masih konvensional atau manual diharapkan sedikit demi sedikit akan bergeser kearah digitalisasi sesuai tuntutan zaman," ujarnya.

Proses digitalisasi pelayanan khususnya pelayanan perjalanan dinas kedepannya juga akan memudahkan tugas stakeholder eksternal seperti Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dalam rangka audit atau pemeriksaan terhadap satu instansi.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

Hal ini disebabkan oleh kemampuan SMART SPPD dalam menyiapkan database perjalanan dinas seluruh perangkat organisasi dalam satu laporan.

"Kesyukuran bagi kita semua hari ini kita berkesempatan untuk melaunching sebuah inovasi mengenai penerapan teknologi bagi organisasi perangkat daerah kita, yang Insyaa Allah diharapkan mampu mewujudkan salah satu misi Pemerintah Daerah Kabupaten Barru yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik," kata bupati dua periode ini.

Suardi Saleh juga mengungkapkan bahwa inovasi tersebut adalah penerapan sistem aplikasi yang berbasis digital yang disebut Sistem Manajemen Administrasi Cermat Surat Perintah Perjalanan Dinas atau SMART SPPD.

Aplikasi berbasis digital ini merupakan instrumen penting dalam rangka tertib administrasi/penomoran surat perintah perjalanan dinas.

Baca Juga : KNPI Barru Audiensi dengan Bupati Bahas Persiapan Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus

Aplikasi ini nantinya akan menjadi sistem digital/online yang dioperasionalkan oleh masing-masing stakeholder dengan bantuan admin/operator sebagai penyedia layanan.

Kehadiran aplikasi ini merupakan terobosan penting di era revolusi industri saat ini yang merupakan keniscayaan yang harus dihadapi oleh bangsa kita khususnya Kabupaten Barru, dimana semua sektor dan bidang kehidupan dituntut untuk bisa merapikan Sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Maka dari itu, dengan SMART SPPD ini diharapkan adanya perbaikan untuk sebuah sistem pelayanan secara berkesinambungan dan terintegrasi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik melalui pembangunan dan pengembangan inovasi pelayanan dilingkungan Pemerintah Daerah Barru.

Baca Juga : Kerukunan Keluarga Santri Asal Barru Halalbihalal di Kantor Pemkab Barru

Perbaikan pelayanan administrasi khususnya perjalanan dinas melalui SMART SPPD ini diharapkan menjadi solusi atas kendala-kendala yang masih ditemui dalam pelayanan administrasi perjalanan dinas baik pada pimpinan maupun pada staf, tandas Bupati mengakhiri arahanya.

Kepala Bagian Umum Setda Barru, Andi Muhammad Rusman Rustam dalam laporannya mengatakan, tujuan umum yang ingin dicapai dalam proyek perubahan pada Pelatihan Kepeminpinan Nasional Tingkat II ini adalah terbentuk suatu sistem pelayanan administrasi perjalanan dinas untuk pimpinan dan staf organisasi perangkat
daerah pemerintah kabupaten barru secara berkesinambungan dan terintegrasi.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru