Minggu, 29 Agustus 2021 14:01

800 Tahanan Rutan Makassar Telah Divaksin

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
800 Tahanan Rutan Makassar Telah Divaksin

Rutan Makassar saat ini dihuni 1.620 dengan rincian 1.098 orang tahanan dan 522 narapidana.

RAKYATKU.COM - Rumah Tahanan (Rutan) Makassar melakukan vaksinasi bekerja sama Poltekkes Makassar dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar.

Informasi yang disampaikan Kepala Rutan Makassar Sulistyadi, hingga Sabtu (28/8/2021) sebanyak 800 tahanan Rutan divaksin Covid-19. Adapun tim vaksinator sebanyak 70 orang termasuk petugas medis dari Rutan dan Lapas Makassar.

Menurut Sulis, Rutan Makassar saat ini dihuni 1.620 dengan rincian 1.098 orang tahanan dan 522 narapidana. Dari data tersebut, sebanyak 362 orang tahanan telah tuntas menjalani vaksinasi tahap I dan II kerja sama Rutan dengan Dinas Kesehatan Kota Makassar.

Baca Juga : PPKM Dicabut, Dinkes Sulsel Minta Masyarakat Tetap Vaksinasi Covid-19

"Jika hari ini tahanan yang divaksin sejumlah 800 orang, maka total tahanan dan napi yang sudah divaksin 1.162 orang. Sudah sekitar 72 persen," kata Sulistiadi.

Selain melakukan upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 melalui vaksinasi, Sulistyadi mengatakan, Rutan Makassar juga melakukan pembagian multivitamin dan masker untuk napi, tahanan, dan petugas.

Juga ada pemeriksaan rutin dari dokter dan paramedis langsung ke blok hunian, memberikan kesempatan olahraga secara bergantian, serta melakukan penyuluhan agama agar tahanan dan napi batinnya tenang.

Baca Juga : Presiden Jokowi Vaksinasi Booster Pakai IndoVac, Menkes Budi: Sangat Ampuh

"Kami pun menjalankan prokes secara ketat. Untuk cegah penularan Covid-19 dari tahanan baru kami berkoordinasi dengan aparat penegak hukum agar tahanan baru yang dipindahkan ke Rutan dalam keadaan bebas Covid. Sedangkan bagi petugas Rutan yang kondisi kesehatannnya tidak prima, bekerja dari rumah," bebernya.

Kegiatan vaksinasi dan berbagai kegiatan pencegahan Covid di Rutan Makassar ini mendapatkan apresiasi positif dari Kakanwil Kemenkumham, Harun Sulianto.

Di masa pandemi ini, ia mengatakan pihaknya selalu memonitor Lapas dan Rutan agar optimal untuk lakukan pencegahan Covid-19.

Baca Juga : Pakai IndoVac, Presiden Jokowi Resmi Vaksin Covid-19 Dosis Keempat

"Jika di Rutan Makassar divaksin 700 orang saja, maka sudah 7.499 tahanan dan napi di Sulsel yang divaksin. Berarti sudah 71 persen dari jumlah 10.526 orang," kata Harun.

 

Penulis : Syukur
#vaksinasi covid-19