Rabu, 25 Agustus 2021 14:43

Pemancangan Tiang Masjid Terapung BJ Habibie Dimulai

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, saat di lokasi pembangunan masjid di Jalan Mattirotasi, Kota Parepare, Rabu (25/8/2021).
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, saat di lokasi pembangunan masjid di Jalan Mattirotasi, Kota Parepare, Rabu (25/8/2021).

Pembangunan masjid terapung akan dilaksanakan 160 hari kalender, yaitu sampai 29 Desember 2021, dengan nilai anggaran Rp28 miliar lebih yang bersumber dari reward Dana Insentif Derah (DID).

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, secara resmi melakukan pemancangan tiang pertama fondasi pembangunan Masjid Terapung BJ Habibie" href="https://rakyatku.com/tag/masjid-terapung-bj-habibie">Masjid Terapung BJ Habibie.

Hal itu ditandai dengan penekanan tombol sirine di lokasi pembangunan masjid di Jalan Mattirotasi, Kota Parepare, Rabu (25/8/2021).

Hadir menyaksikan pemasangan pemancangan tiang, unsur Forkopimda yang terdiri atas Kejaksaan, TNI, Polri, Pengadilan Negeri, DPRD, BUMN, BUMD, serta jajaran perangkat daerah lingkup Pemerintah Kota Parepare.

Baca Juga : Hadiri Musrenbang, Kaharuddin Kadir Serahkan Pokir DPRD Parepare

Taufan Pawe dalam sambutannya menyampaikan, kehadiran masjid terapung ini merupakan suatu bukti bahwa masyarakat Parepare selangkah lagi menuju peradaban yang lebih modern dan religius.

Wali Kota Parepare dua periode ini juga mengatakan, hadirnya masjid terpung merupakan simbol BJ Habibie hadir di kota religius.

"Sosok BJ Habibie memang sosok pribadi yang religius, jadi saya wujudkan sebagai suatu simbol yang insyaallah termegah hadir di Sulawesi Selatan," ungkap Taufan.

Baca Juga : Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kota, Akbar Ali Tekankan Keterlibatan Masyarakat

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Parepare, Samsuddin Taha, melaporkan pembangunan masjid terapung akan dilaksanakan 160 hari kalender, yaitu sampai 29 Desember 2021, dengan nilai anggaran Rp28 miliar lebih yang bersumber dari reward Dana Insentif Derah (DID).

Samsuddin menambahkan, masjid terapung akan berdiri di atas 300 tiang pancang yang tingginya bervariasi, terletak 85 meter dari tanggul Pantai Mattirotasi.

"Masjid terapung BJ Habibie nantinya akan mampu menampung 1.000 jemaah. Di bangunan induk dapat menampung 700 jemaah dan di pelataran masjid dapat menampung 300 jemaah," bebernya.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #masjid terapung bj habibie