Rabu, 11 Agustus 2021 16:45

Pemprov Sulsel Siap Ramaikan Merdeka Ekspor Serentak 17 Provinsi Se-Indonesia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Berdasarkan data dari Balai Besar Karantina Pertanian Makassar, total komoditas yang akan diekspor dalam pelaksanaan Merdeka Ekspor, sebanyak 716.910 ton lebih dengan nilai ekspor mencapai Rp51 miliar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan siap meramaikan pelaksanaan Merdeka Ekspor" href="https://rakyatku.com/tag/merdeka-ekspor">Merdeka Ekspor akan berlangsung serentak di 17 pelabuhan utama di Indonesia.

"Pelaksanaan ini akan dilepas secara bersamaan oleh Presiden RI Joko Widodo dari Istana Bogor," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan, Ashari Fakhsirie Radjamilo, Rabu (11/8/2021).

Dia menyebutkan, saat ini nilai ekspor yang telah terkumpul mencapai Rp50 miliar lebih. "Angka ini akan terus bertambah sampai pelaksanaan merdeka ekspor yang angkanya terus bertambah," kata dia.

Baca Juga : Pengusaha Malaysia Investasi Rp1 Triliun di Sulsel

Sebelumnya, lanjut Ashari, ekspor Dinas Perikanan yang dilakukan beberapa bulan yang lalu senilai Rp96 miliar. Adapun komoditas ekspor yang lagi tren adalah hasil perikanan, seperti lobster dan udang.

Dia mengaku Pemprov Sulsel terus memberikan dukungan bagi eksportir daerah agar terus menggenjot produksi hasil bumi daerah bisa tembus ke market ekspor.

"Komoditas yang diekspor dalam pelaksanaan merdeka ekspor ini diantaranya, cabai, cokelat. Rencananya ada enam komoditas yang akan diekspor," ucapnya.

Baca Juga : Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik dalam Penerapan SPM

Dia menambahkan pihaknya juga saat ini terus mencari solusi komoditas briket atau arang kelapa bisa di ekspor kembali perusahaan pelayaran agar bisa dikirim ke luar.

"Kami terus melakukan pertemuan dengan pelaku pelayaran. Mencari solusi bagaimana briket bisa dikirim kembali. Karena memang komoditas ini adalah komoditas yang gampang terbakar. Sangat beresiko pelaku pelayaran," tuturnya.

Sebelumnya, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengapresiasi dan mendukung rencana ekspor sejumlah komoditas tersebut dan dapat berjalan secara berkelanjutan.

Baca Juga : Terobosan Penjabat Gubernur Tekan Biaya Distribusi Barang di Sulsel

Sudirman berharap agar ekspor komoditas asal Sulsel bisa terus berkembang, baik volume maupun jenis yang akan diekspor.

“Tentu kita berharap ekspor kita jumlahnya bisa lebih besar lagi ke depannya. Kita memiliki sumber daya alam yang cukup banyak di bidang pertanian,” katanya.

Salah satu yang menjadi perhatian Sudirman untuk dapat diekspor, yakni komoditas beras karena saat ini Sulsel mengalami surplus beras.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Lantik Pejabat Administrasi dan Pengawas Lingkup Pemprov Sulsel

Bahkan, lanjut Sudirman, untuk beberapa daerah di Indonesia, Sulsel jadi pemasok beras sehingga ini menjadi peluang untuk bisa mengekspor beras ke luar negeri.

“Selama ini kita kirim beras ke provinsi lain, ekspor beras kita ndak pernah kedengaran. Kita berharap ke depannya kita juga bisa mengekspor kita punya beras,” ungkapnya.

Berdasarkan data dari Balai Besar Karantina Pertanian Makassar, total komoditas yang akan diekspor dalam pelaksanaan Merdeka Ekspor, sebanyak 716.910 ton lebih dengan nilai ekspor mencapai Rp51 miliar yang akan dikirim ke berbagai negara, yakni, Amerika Serikat, Tiongkok, Jerman, Korea Utara, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Jepang.

#Pemprov Sulsel #Plt Gubernur Sulsel #Merdeka ekspor