Rabu, 11 Agustus 2021 16:31

Israel Mulai Renovasi Masjid Ibrahimi, Bangun Lift untuk Umat Yahudi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kompleks Masjid Ibrahimi. (Foto: Reuters)
Kompleks Masjid Ibrahimi. (Foto: Reuters)

Tentara Israel ingin merebut sekitar 300 meter persegi halaman dan fasilitas masjid. Dana sebesar dua juta shekel (620 ribu dolar Amerika Serikat) telah dialokasikan untuk mendanai proyek sejauh ini.

RAKYATKU.COM, YERUSALEM - Israel " href="https://rakyatku.com/tag/israel">Israel mulai merenovasi Masjid Ibrahimi di Hebron, Selasa (10/8/2021) waktu setempat. Pengerjaannya mencakup pembangunan koridor dan pemasangan lift untuk memfasilitasi akses bagi pemukim Yahudi.

Tentara Israel ingin merebut sekitar 300 meter persegi halaman dan fasilitas masjid. Dana sebesar dua juta shekel (620 ribu dolar Amerika Serikat) telah dialokasikan untuk mendanai proyek sejauh ini, seperti dilansir di Middle East Monitor, Rabu (11/8/2021).

Pada Mei lalu, Menteri Pertahanan Israel, Naftali Bennett, mengeluarkan perintah pengambilalihan sebagian Masjid Ibrahimi sebagai bagian dari proyek membangun lift untuk memfasilitasi akses pemukim ke rumah ibadah muslim.

Baca Juga : Israel Lolos Piala Dunia U-20 di Indonesia, Begini Respons Menpora dan PSSI

Pemerintah kota telah menuntut agar proyek itu dihentikan karena pembangunannya akan berada di atas tanah yang dimilikinya bersama dengan Wakaf Palestina Islamic Trust.

Akan tetapi, Mahkamah Agung Israel menolak petisi yang diajukan oleh Kota Hebron awal tahun ini pada Maret.

Rencana Israel untuk merebut Masjid Ibrahimi bertentangan dengan hukum internasional. Pada 2017, UNESCO memasukkan Masjid Ibrahimi dan Kota Tua Hebron sebagai situs warisan Palestina.

#Israel #Masjid Ibrahimi