Senin, 26 Juli 2021 14:34

Mencari Program Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Berkat teknologi modern, semua tugas di atas kini dapat diselesaikan dengan lebih mudah dari sebelumnya. Perangkat lunak akuntansi dirancang untuk membantu pemilik bisnis menyelesaikan tugas akuntansi atau pembukuan dengan lebih efektif.

RAKYATKU.COM - Program akuntansi adalah sistem perangkat lunak atau program komputer yang dirancang untuk dapat menangani tugas-tugas yang berhubungan dengan akuntansi, seperti mencatat semua transaksi perusahaan untuk menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan otomatis.

Mempertahankan struktur keuangan bisnis atau pribadi Anda sangat penting. Faktur perlu ditagih dengan benar untuk mengirimkan faktur tepat waktu, laporan keuangan perlu disiapkan untuk audit potensial, formulir pajak perlu diisi, dan arus kas perlu diatur untuk memprediksi masa depan secara akurat.

Berkat teknologi modern, semua tugas di atas kini dapat diselesaikan dengan lebih mudah dari sebelumnya. Perangkat lunak akuntansi dirancang untuk membantu pemilik bisnis menyelesaikan tugas akuntansi atau pembukuan dengan lebih efektif.

Baca Juga : Sanex Resmikan Distribution Center di Makassar

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah beberapa perangkat lunak akuntansi terbaik untuk bisnis yang paling direkomendasikan.

Jurnal by Mekari
Salah satu jenis program akuntansi terbaik yang sangat cocok dipertimbangkan oleh para pebisnis di Indonesia yaitu program yang dibesut oleh Jurnal by Mekari. Di halaman situsnya https://www.jurnal.id/id/fitur/ ditawarkan berbagai macam fitur andalan yang dapat membantu perusahaan mengatur keuangan lebih tepat.

Tidak hanya itu, program ini terbukti membantu pekerjaan tim keuangan perusahaan yang lebih efektif dan efisien. Sehingga perusahaan dapat mengetahui kondisi pemasukan serta pengeluaran keuangan yang aktual secara real time dengan mudah kapan saja dan dimana saja.

Baca Juga : Manfaatkan Teknologi, Kalla Group Akan Berperan Sejahterakan Rakyat

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Jurnal by Mekari. Beberapa kelebihan tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

Memiliki tampilan dasbor yang mudah untuk dimengerti oleh siapapun. Sehingga bagi para pemula yang baru menggunakannya tidak akan merasa kesulitan saat mencoba untuk memakai aplikasi akuntansi ini.

Jurnal by Mekari merupakan program akuntansi yang berbasis cloud, sehingga memudahkan untuk diakses melalui berbagai macam perangkat yang diinginkan. Mulai dari menggunakan smartphone, tablet, hingga menggunakan PC ataupun laptop.

Baca Juga : Yuk Kenalan dengan Sistem Akuntansi! Pengertian, Unsur, Manfaat, Karakteristik, dan Fitur

Program ini juga mudah diakses kapan saja dan dimana saja. Perusahaan juga dapat melakukan pengawasan secara real time terhadap pencatatan keuangan perusahaan secara maksimal.

Berkat adanya program akuntansi yang satu ini maka perusahaan dapat membuat laporan terkait kondisi perusahaan dengan tepat dan cepat.

Manfaat lain yaitu adanya berbagai macam fitur pendukung yang membantu tim keuangan perusahaan untuk mampu memastikan proses pencatatan keuangan yang mudah.

Baca Juga : Gadis 19 Tahun Ini Punya Keuntungan Rp5,72 Miliar dari Bisnis Memberi Nama Bayi

Wave
Software akuntansi pertamaadalah Wave Accounting. Dalam perangkat lunak akuntansi, Anda dapat mengirim faktur, mencatat laporan akuntansi, dan menerima tanda terima online. Wave memiliki fitur yang memungkinkan Anda memindai tanda terima menggunakan aplikasi yang tersedia di Android dan iOS.

Wave cukup tepercaya dan telah digunakan oleh puluhan ribu bahkan ratusan ribu pengguna. Anda juga dapat menggunakannya secara gratis. Namun, mereka memang memiliki beberapa fitur yang perlu dibayar, seperti penggajian dan pembayaran. Apakah ada di antara Anda yang menggunakan atau mencoba Wave untuk membuat bisnis Anda berjalan lancar?

GnuCash
Sebagai perangkat lunak akuntansi, GnuCash terlihat sangat kuno dalam hal tampilan layar. Namun, mereka juga menyediakan fungsi gratis yang cukup lengkap, termasuk fungsi arus kas, laporan keuangan, dll. Pengguna Windows dan Apple dapat mengunduh GnuCash secara gratis.

Baca Juga : Gadis 19 Tahun Ini Punya Keuntungan Rp5,72 Miliar dari Bisnis Memberi Nama Bayi

Secara bertahap, GnuCash fokus pada pengembangan bisnis UMKM atau usaha kecil menengah. Oleh karena itu, sangat cocok untuk Anda yang baru memulai bisnis. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web mereka secara langsung.

Zipbooks
Zipbooks fokus pada software akuntansi gratis terbaik, dan hasilnya lebih banyak digunakan oleh para freelancer atau pekerja lepas. Meskipun Zipbook tersedia secara gratis, namun sangat lengkap. Namun, jika Anda membutuhkan fitur yang lebih mendalam, seperti penggajian dan pembayaran online, Anda harus membayar beberapa paket berbayar. Gunakan sesuai kebutuhan Anda.

Untuk referensi saja, Zipbooks menerima peringkat 5/5 dari halaman ulasan pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa langsung bertanya melalui fungsi live chat yang aktif selama jam kerja. Namun Zipbooks belum ada di Indonesia, sehingga Anda harus menyesuaikan waktunya dengan situasi di luar.

Baca Juga : Gadis 19 Tahun Ini Punya Keuntungan Rp5,72 Miliar dari Bisnis Memberi Nama Bayi

SlickPie
Jika Anda baru memulai bisnis dan belum memiliki banyak pengalaman serta sedang mencari software akuntansi terbaik, maka SlickPie bisa dikatakan sebagai pilihan terbaik. SlickPie menyediakan antarmuka yang mudah dipahami untuk pemula. Penggunaan yang tidak rumit adalah salah satu kelebihan software akuntansi sederhana ini.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan SlickPie? Jawabannya adalah gratis. SlickPie tidak menyediakan fitur atau layanan berbayar lainnya, karena semuanya disediakan secara gratis. Kendala bagi pemilik bisnis Indonesia adalah bahasa.

SQL Ledger
Perangkat lunak ini adalah sistem akuntansi dengan banyak entri. Oleh karena itu, Perangkat Lunak SQL Ledger biasanya digunakan oleh toko yang memerlukan kontrol inventaris, pencetakan cek, banyak pengguna, banyak lokasi, tempat penjualan, daftar pengepakan, dan pesanan pembelian. Selain itu, perangkat lunak ini adalah sistem ERP berbasis web, sehingga mudah untuk memantau dari jarak jauh. Kompatibel dengan berbagai sistem operasi (windows, linux, mac).

Baca Juga : Gadis 19 Tahun Ini Punya Keuntungan Rp5,72 Miliar dari Bisnis Memberi Nama Bayi

Ada dua versi SQL Ledger, versi berbayar dan versi gratis. Padahal, untuk UKM, versi gratisnya sudah cukup. Karena versi gratisnya memiliki fungsi yang bagus dan relatif lengkap. Kecuali jika Anda membutuhkan fitur tambahan, seperti barcode, percetakan label, penggabungan invoice, dan fitur tambahan lainnya. Fitur-fitur tersebut merupakan fitur tambahan pada versi berbayar.

Lazy8Ledge
Perangkat lunak akuntansi gratis ini dapat digunakan untuk memantau akun keuangan bisnis Anda, bahkan jika Anda memiliki lebih dari satu. Konten utama dari aplikasi akuntansi ini adalah pembukuan perusahaan. Perangkat ini juga memiliki fitur yang dapat menampilkan data Anda secara gratis. Fungsinya untuk menganalisa struktur bisnis Anda. Lazy8Ledger juga dapat menyediakan berbagai jenis laporan terkait aktivitas bisnis Anda.

BS1 Accounting
BS1 Accounting adalah perangkat lunak gratis yang memungkinkan pengusaha kecil dan menengah untuk mengelola akun dan keuangan mereka dengan lebih mudah.

Baca Juga : Gadis 19 Tahun Ini Punya Keuntungan Rp5,72 Miliar dari Bisnis Memberi Nama Bayi

Hal-hal terkait termasuk analisis penjualan, buku besar, hutang dan piutang, persediaan, dll. Jika bisnis Anda adalah bisnis impor dan ekspor, perangkat lunak gratis ini dapat digunakan dalam berbagai mata uang atau valuta asing.

Dengan cara ini Anda dapat memantau piutang, laba rugi, fluktuasi mata uang dan nilai tukar dari utang usaha.

PostBooks
PostBooks adalah perangkat lunak akuntansi, ERP, dan CRM gratis. Bagi pengusaha kecil, software ini sangat membantu untuk laporan keuangan mereka. Gunakan PostBooks untuk membuat neraca, menyelidiki inventaris, menyediakan pesanan pembelian, dan membuat laporan.

Baca Juga : Gadis 19 Tahun Ini Punya Keuntungan Rp5,72 Miliar dari Bisnis Memberi Nama Bayi

Alat ini berisi berbagai modul, termasuk penjualan dan akuntansi, CRM, pembelian, definisi produk, inventaris dan distribusi, manufaktur, dan penulisan laporan.

TurboCash
TurboCash adalah aplikasi akuntansi gratis untuk bisnis dari semua ukuran. Bagaimana software akuntansi lainnya, Turbo Cash memudahkan Anda untuk mengelola keuangan, seperti saldo pendapatan, faktur akuntansi, pajak pertambahan nilai, dan lain-lain.

osFinancials
Perangkat lunak ini dapat digunakan tanpa membayar langganan dan cocok untuk memantau status keuangan berbagai perusahaan. Perangkat lunak gratis gratis ini memungkinkan Anda mengelola akun keuangan dan perusahaan atau bisnis Anda dengan mudah. Perangkat lunak ini dapat membuat berbagai jenis laporan keuangan.

Baca Juga : Gadis 19 Tahun Ini Punya Keuntungan Rp5,72 Miliar dari Bisnis Memberi Nama Bayi

Dengan memahami secara akurat situasi keuangan bisnis Anda, Anda dapat lebih mudah mengevaluasi atau mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk mengembangkan bisnis Anda dan membuatnya lebih sukses, seperti mempertimbangkan untuk membuka cabang, mencari investor lain, kemungkinan meminjam dari bank, dan begitu seterusnya.

HomeBank
Software gratis HomeBank membuat Anda dapat menganalisis berbagai akun keuangan dengan mudah dan juga membuat berbagai jenis laporan. Software ini juga memungkinkan Anda untuk lebih mudah melakukan modifikasi keuangan sekaligus menyaring transaksi keuangan perusahaan. Ini karena HomeBank memiliki representasi grafis dari akun perusahaan Anda.

Selain itu, software ini juga dilengkapi dengan informasi detail tentang uang muka, pinjaman dan investasi.

Baca Juga : Gadis 19 Tahun Ini Punya Keuntungan Rp5,72 Miliar dari Bisnis Memberi Nama Bayi

Manfaat menggunakan software akuntansi untuk menjalankan bisnis. Anda tidak perlu lagi membuat rumus perhitungan akuntansi. Karena software akuntansi sudah memiliki sistem yang secara otomatis dapat menghitung data yang disajikan. Membuat proses akuntansi perusahaan lebih cepat dan mudah.

Alokasikan waktu untuk hal-hal yang lebih penting. Dengan proses akuntansi yang sudah ditangani oleh software akuntansi, Anda tentu memiliki lebih banyak waktu untuk menangani hal-hal lain dalam bisnis. Anda bisa lebih fokus pada proses pemasaran produk, riset pasar, bahkan mengembangkan produk baru untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Tidak perlu ahli. Untuk menjalankan perangkat lunak akuntansi, Anda tidak perlu menyewa seorang ahli untuk melakukan pekerjaan itu. Software akuntansi akan bekerja dengan sistem yang handal, jadi Anda hanya perlu mengamati.

Baca Juga : Gadis 19 Tahun Ini Punya Keuntungan Rp5,72 Miliar dari Bisnis Memberi Nama Bayi

Menghemat biaya perusahaan. Dengan software akuntansi, Anda tidak perlu menyewa tenaga ahli akuntansi lagi. Hal ini dapat menghemat biaya perusahaan untuk mempekerjakan ahli. Anda bahkan dapat menggunakan dana yang dialokasikan kepada para ahli untuk keperluan lain guna mendukung bisnis Anda.

Itulah beberapa informasi termasuk rekomendasi bagi yang mencari program akuntansi terbaik untuk bisnis. Sebaiknya jangan sampai salah dalam melakukan pilihan.

Pertimbangkan penggunaan aplikasi yang tepat, misalnya menggunakan Jurnal by Mekari. Yang mana program ini terbukti dapat memberikan fitur terbaik dan optimal untuk mendukung keuangan bisnis maupun perusahaan yang lebih teratur dan aktual.

#Akuntansi #Bisnis