Minggu, 18 Juli 2021 18:49

Pastikan Hewan Kurban Terpenuhi, Mentan Kunjungi Rumah Potong Hewan yang Ada di Makassar

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pastikan Hewan Kurban Terpenuhi, Mentan Kunjungi Rumah Potong Hewan yang Ada di Makassar

Secara nasional, pihaknya sudah melakukan mapping dan perhitungan-perhitungan matang terkait berapa jumlah hewan kurban yang ada di masyarakat.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengunjungi Rumah Potong Hewan (RPH) Manggala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Di sana, Mentan memantau pergerakan jual beli hewan serta memastikan kesehatan dan ketersediaannya untuk memenuhi kebutuhan hari raya Iduladha 2021.

"Sekarang saya berada di Makassar dan ternyata Sulawesi Selatan dan Makassar khususnya ketersediaan (hewan kurban) juga cukup," kata Mentan, Minggu (18/7/2021).

Baca Juga : Tak Ingin Jadi 'Apapun Lagi', Jadikan Amanah dan Ibadah Fokus Hidup

Secara nasional, kata Mentan, pihaknya sudah melakukan mapping dan perhitungan-perhitungan matang terkait berapa jumlah hewan kurban yang ada di masyarakat. Sejauh ini, lanjut dia, ada sekitar 1,7 juta ekor yang siap dikurbankan.

"Persiapan sapi dan hewan lain untuk kurban seluruh Indonesia ada sekitar 1.736.000 lebih jadi kesiapan kita dan ketersediaan hewan kita untuk kurban di atas 1,7 juta. Sementara kebiasaan penggunaan di atas 1,5," ujar Syahrul.

 

Persoalannya, bagaimana dengan kondisi yang ada ini bervariasi di setiap wilayah di Jawa. Ada penurunan permintaan sekitar 10 persen. Di luar Jawa, ada penurunan permintaan sekitar 5 persen, tetapi ketersediaan cukup dan kebutuhan bisa terpenuhi.

Baca Juga : Pernah Ditikam, Diparangi, sampai Naik Kelas Sendiri

"Ada dinamika harga tetapi di Makassar ini dinamika harganya justru positif. Kalau di Jawa sedikit turun," kata Syahrul.

Sponsored by MGID

"Tapi ini kan yang paling penting bagi saya sebagai menteri pertanian perintah Bapak Presiden jangan sampai ketersediaan tidak ada dan itu kita jamin dan juga kita cek bagaimana transportasi dan para pedagang melihat persoalan ini mereka tetap optimis bahwa ini akan lebih baik," sambungnya.

Syahrul pun berharap di dalam Covid ini semua pihak harus melihat sesuatu secara optimis dan positif thinking. Tidak boleh hanya melihat apa yang kurang apa yang salah dan lain-lain sebagainya.

Baca Juga : Makin Diminati, Empat Eksportir Kopi Teken Kontrak Baru Senilai Rp366,7 Miliar di Mesir

"Insya Allah Idul Kurban ini kita bisa jalan dengan suasana yg tentu penuh keagamaan dan cukup baik," tutup Syahrul.

Selain mengunjungi RPH, Mentan juga mengunjungi Mall Ternak Daeng Lala yang ada di Kabupaten Gowa.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Usman Pala
#kementan