Jumat, 16 Juli 2021 16:21

Kabag Umum Pemkab Barru Sosialisasi Karya Inovasi SPPD Daring

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Inovasi ini dapat mempermudah pimpinan beserta staf dalam mendapatkan informasi dan layanan administrasi perjalanan dinas dalam satu genggaman.
Inovasi ini dapat mempermudah pimpinan beserta staf dalam mendapatkan informasi dan layanan administrasi perjalanan dinas dalam satu genggaman.

SMART SPPD merupakan akronim dari Sistem Manajemen Administrasi Cermat Surat Perintah Perjalanan Dinas.

RAKYATKU.COM, BARRU - Perkembangan teknologi menuntut banyak orang kini untuk menciptakan karya inovatif.

Kabag Umum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru , Andi Rusman Rustam, menyadari pentingnya layanan teknologi dapat membuat pekerjaan lebih cepat, akuntabel, dan transparan.

Salah satu karya proyek perubahannya, yakni SMART SPPD. Karya ini merupakan akronim dari Sistem Manajemen Administrasi Cermat Surat Perintah Perjalanan Dinas yang bertujuan untuk memudahkan pengelolaan administrasi berbasis elektronik khususnya terkait perjalanan dinas.

Baca Juga : Pengiriman Kacang Tanah ke KIMA, Bupati Barru Harap Produksi Petani Makin Meningkat

"Kita berharap inovasi ini dapat mempermudah pimpinan beserta staf dalam mendapatkan informasi dan layanan administrasi dalam genggaman. Tidak lagi menggunakan kertas," jelasnya dalam presentasi, Jumat (16/7/2021).

Menurut Andi Rusman, proses digitalisasi pelayanan khususnya pelayanan perjalanan dinas juga dapat memudahkan tugas stakeholder eksternal seperti Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) mengaudit atau memeriksa arus keuangan satu instansi berdasarkan kemampuan SMART SPPD. Di dalamnya ada database perjalanan dinas seluruh perangkat organisasi dalam satu laporan digital.

 

Ke depan, lanjut dia, pihaknya berharap hadirnya inovasi ini proses administrasi dan verifikasi data perjalanan dinas secara digital ini akan di mulai dari lingkup terkecil yakni Bagian Umum, sampai pada akhirnya dapat diintegrasikan dengan unit organisasi atau organisasi perangkat daerah lainnya.

Baca Juga : 199 ASN Pemkab Barru Naik Pangkat, Bupati Minta Kerja Ikhlas dan Totalitas

Tujuan umum yang ingin dicapai dalam proyek perubahan ini adalah terbetuk suatu sistem pelayanan administrasi perjalanan dinas untuk pimpinan dan staf organisasi perangkat
daerah pemerintah kabupeten barru secara berkesinambungan dan terintegrasi.

Sponsored by MGID

Adapun tujuan lain dari proyek perubahan ini dengan konsep SMART SPPD sebagai berikut.

1. Tujuan jangka pendek yang akan dicapai adalah terwujudnya sistem pengajuan perjalanan dinas melalui “SMART SPPD” yang valid cepat, dan terukur bagi seluruh staf lingkup Bagian Umum Sekretariat Daerah Kab. Barru.

Baca Juga : Bupati Barru Intens Temui Petani demi Dongkrak Produksi Padi

2. Tujuan jangka menengah yang akan dicapai adalah terwujudnya “SMART SPPD” di seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Barru.

3. Tujuan jangka panjang yang akan dicapai adalah terwujudnya tata kelola sistem perjalanan dinas yang baik di seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Barru.

Adapun manfaat dari pelaksanaan proyek perubahan ini dengan sistem SMART SPPD antara lain sebagai berikut.

Baca Juga : Pemkab Barru Susun KUA-PPAS Fokus Pemulihan Ekonomi

1. Kemudahan akses dan perbaikan penyajian data yang cepat dan transparan bagi stakeholder eksternal.

2. Tercapainya salah satu misi Pemerintah Kabupaten Barru yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

3. Sebagai bahan evaluasi dan kontrol terhadap pencatatan administrasi keuangan.

Baca Juga : Bupati Barru Ajak Kader Golkar Bersama Majukan Kesejahteraan Rakyat

4. Tersedianya database administrasi perjalanan dinas di Sekretariat Daerah Kabupaten.

5. Terciptanya profesionalisme dan kompetensi reformer sebagai pelopor perubahan dalam organisasi.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru