Selasa, 13 Juli 2021 15:06

Pasar Murah, Pemkot Parepare Subsidi Hampir Setengah Harga

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Taufan Pawe
Taufan Pawe

Pemkot Parepare melalui Dinas Perdagangan menyiapkan anggaran sebesar Rp145,2 juta untuk subsidi barang kebutuhan pokok selama pasar murah.

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare kembali menggelar pasar murah. Pasar murah yang menyiapkan subsidi harga hingga Rp55.000 per kupon ini dilakukan sebagai wujud kepedulian dalam meringankan beban masyarakat di tengah pandemi, khususnya menjelang hari raya Iduladha.

Pembukaan pasar murah dilakukan Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe ditandai dengan pelepasan armada pasar murah yang akan menyasar 22 kelurahan selama lima hari, 13-17 Juli 2021. Kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan itu dilakukan di halaman rujab wali kota Parepare, Selasa (13/7/2021).

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe berpesan, agar pelaksanaan pasar murah sebagai wujud responsif Pemerintah Kota Parepare itu dapat tepat sasaran. Camat dan lurah diminta untuk memantau agar pelaksanaannya sukses dan dirasakan oleh masyarakat.

Baca Juga : Pemkot Parepare dan KPU Bahas Persiapan Pilkada 2024

"Ini adalah langkah responsif menjelang Iduladha. Apalagi di tengah pandemi saat ini. Olehnya itu, saya ingin pasar murah tepat sasaran. Pasar murah harus harus sukses dan betul-betul menyentuh masyarakat lapisan bawah. Harus berdasarkan by data, by name, dan by adress," Taufan Pawe, menekankan.

Pada kesempatan itu, Taufan Pawe juga menegaskan, agar pasar murah menjadi momentum bagi para lurah melakukan transformasi dan edukasi penanganan penyebaran Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

"Saya juga berharap momen pasar murah ini digunakan para camat dan lurah untuk memerankan diri sebagai abdi negara, abdi pemerintahan, dan abdi masyarakat dalam melakukan langkah transformatif. Edukasi dan sampaikan informasi ke warga ta' bahwa Parepare saat ini kembali ke zona merah. Kita tidak menutup tempat ibadah seperti daerah lain, kita longgarkan aktivitas dunia usaha, tetapi dengan catatan protokol kesehatan harus ditegakkan dan dipantau," tegas Taufan Pawe yang juga ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini.

Baca Juga : Pj Wali Kota Akbar Ali Apresiasi Halal Bihalal HIKMA Parepare

Terkait teknis pasar murah, pelaksana tugas Kepala Dinas Perdagangan, Hasan Ginca menjelaskan, sebanyak 2.640 kupon atau jumlah penerima dalam pasar murah tersebut.

"Kegiatan diadakan lima hari, dari 13 sampai 17 Juli di 22 kelurahan. Jumlah penerima 2.640, dengan nilai total subsidi Rp55 ribu per kupon," sebut Hasan Ginca.

Ia menguraikan, nilai subsidi tersebut terdiri dari beras 5 kg dengan subsidi Rp5.000 per kilo, minyak goreng subsidi Rp4.000 per liter, gula pasir subsidi Rp6.000 per kilo, terigu Rp3.500 per kilo, minuman subsidi Rp3.500 per botol, dan susu kaleng dengan nilai subsidi Rp 3.500 per kaleng.

Baca Juga : Tingkatkan Mutu Layanan RSUD Andi Makkasau Lakukan Presentasi Hasil Capaian

"Harga sebelum subsidi Rp131.500 per paket dan setelah kami subsidi Rp55.000, jadi harganya sisa Rp76.500," detail Hasan Ginca.

Dari jumlah subsidi tersebut, Pemkot Parepare melalui Dinas Perdagangan menyiapkan anggaran sebesar Rp145,2 juta.

 

Penulis : Hasrul Nawir
#HM Taufan Pawe #Pemkot Parepare