Kamis, 08 Juli 2021 14:53

Dayung Sampan dari Pinrang Menuju Buton, Ini Kisah Samidin yang Menolak Tiket Pesawat dari NasDem Sulsel

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
La Ode Mursidi di kantor DPRD Sulsel.
La Ode Mursidi di kantor DPRD Sulsel.

Samidin kelaparan dan terdampar di Pulau Bakki Barru saat mendayung sampan dari Pinrang menuju kampung halamannya di Buton Tengah. NasDem Sulsel akhirnya memfasilitasi tiket kapal laut.

RAKYATKU.COM - La Ode Mursidin alias Samidin. Pria ini jadi viral di media sosial gara-gara kenekatannya mendayung sampan dari Pinrang ke Buton Tengah, Sulawesi Tenggara.

Niat itu memang tidak kesampaian. Baru sampai di perairan Kabupaten Barru, dia kelaparan. Sementara dia tidak membawa perbekalan.

Samidin nekat mendayung sampan karena tidak punya ongkos untuk membeli tiket kapal laut.

Baca Juga : Eks Anggota DPRD Sulsel dari PKS Gabung Partai NasDem

Setelah viral, Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse (RMS) meminta kadernya mencari informasi tentang Samidin.

"Carikan orang ini. Saya mau bantu," demikian bunyi pesan WhatsApp RMS kepada Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif pada Rabu malam (7/7/2021).

Hari ini, Samidin langsung diundang ke kantor DPRD Sulsel. Menemui Sekretaris NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif yang juga wakil ketua DPRD.

Baca Juga : Rapsel Ali: Kita Tidak Ingin Lagi Melihat ASN Tidak Memiliki Rumah Hunian

Syaharuddin Alrif mengaku salut dengan perjuangan Samidin. Di tengah kondisi serba kekurangan, Samidin tidak pernah meminta-minta.

Samidin menceritakan perjalanan dari Pinrang hingga akhirnya terdampar di Pulau Bakki, Kabupaten Barru. Syahar dibuat geleng-geleng kepala mendengar cerita Samidin yang kelaparan sehingga berlabuh di sekitar permukiman warga.

Samidin ternyata tidak meminta-minta agar bisa makan minum. Dia memilih cara terhormat. Menawarkan tenaga untuk bekerja kepada penduduk agar diupah untuk membeli makan dan minum.

Baca Juga : Bakal Maju Jadi Caleg DPR RI, Andi Palalloi Tabrang Dipasangkan Jaket NasDem Ahmad Ali dan RMS

Dalam pertemuan itu, Syahar memberikan bantuan dari NasDem Sulsel kepada Samidin. Tak hanya uang, NasDem juga siap membelikan tiket pesawat untuk Samidin. Namun, Samidin menolak karena takut naik pesawat. Akhirnya diganti tiket kapal laut.

"Kami tidak punya hubungan apapun tetapi atas nama kemanusiaan. NasDem sangat empati dengan Pak Samidin. Jadi ini ikhlas dari kami atas nama kemanusiaan," kata Syahar.

Syahar juga sempat menghubungi Gubernur Sultra, Ali Mazi dan anggota DPRD Sultra dari NasDem, Hasrul Said. Dia menginformasikan kondisi Samidin.

Baca Juga : Wakili RMS di Pelantikan Ketua Demokrat Sulsel, Rudianto Lallo: Semoga Amanah

Usai bertemu Syaharuddin Alrif, Samidin bersama tim KKIB berangkat menuju Kabupaten Bulukumba. Dari Bulukumba, Samidin bersama satu orang pengantar berangkat menuju Buton Tengah menggunakan kapal laut sore ini.

Penulis : Syukur
#NasDem Sulsel