Selasa, 06 Juli 2021 14:01

Wali Kota Palopo Saksikan Penyerahan Dana Zakat

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Palopo Saksikan Penyerahan Dana Zakat

Wali Kota Palopo Judas Amir mengajak penerima zakat mal untuk bersungguh-sungguh menjalankan usahanya dan disertai dengan doa.

PALOPO - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Wali Kota Palopo" href="https://rakyatku.com/tag/pemkot-palopo">Palopo, kembali menyalurkan zakat mal kepada warga Kota Palopo yang memenuhi syarat, untuk pemberdayaan ekonomi produktif masyarakat.

Penyerahan dana zakat ini disaksikan langsung oleh Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, di Kantor Baznas, Selasa, (6/7/2021).

Baznas Kota Palopo, melaporkan, penerima zakat mal kali ini diperuntukan pemberdayaan ekonomi produktif kepada mustahik atau penerima zakat dari wilayah Kecamatan Wara Selatan, Bara, Wara Utara, Wara Barat, Wara, Wara Timur dan Mungkajang.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Ketua Baznas Kota Palopo, Muchtar Basir, mengatakan kegiatan Baznas dalam rangka mendistribusikan zakat merupakan bagian program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Disebutkan, ada 5 program utama Baznas Kota Palopo, yaitu Palopo Taqwa yakni dalam rangka peningkatan pemahaman agama. Selanjutnya, Palopo Cerdas, yakni membantu siswa dan mahasiswa untuk melanjutkan studi.

"Ketiga, Palopo sejahtera untuk meningkatan ekonomi masyarakat, ke empat Palopo peduli, contohnya membantu korban bencana dan terakhir program advokasi dan dakwah, yaitu Baznas melakukan safari jumat dan safari ramadhan," sebutnya.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Dilaporkan Muchtar Basir, ada 54 orang mustahik yang menerima zakat mal dengan jumlah anggaran Rp165.800.000. "Mustahik ini diseleksi berdasarkan proposal yang masuk kemudian semua yang mengusung syarat administrasi harus terpenuhi," jelasnya.

"Diantaranya ada surat pernyataan dari kelurahan untuk bukti usaha yang kekurangan modal sehingga perlu mendapat bantuan," sebutnya.

"Kemudian ada surat dari kelurahan pernyataan tidak mampu, dan surat pernyataan tidak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah, serta mengikuti wawancara sebagai penguatan data," lanjutnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

Dilaporkan mantan Kepala Bappeda Kota Palopo ini, Baznas pada kurun waktu 2017-2021 ini telah memberikan bantuan sebesar Rp1.328.075.000 anggaran ini telah disalurkan dan diterima oleh 300 pelaku usaha kecil.

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, menyampaikan bahwa kalau kita tidak bisa membayar zakat terutama zakat mal, maka kita akan mendapat zakat mal itu sendiri dari pengurus yang telah ditunjuk oleh pemerintah sesuai dengan aturan dari agama kita dan ini yang terjadi sekarang.

Dalam kegiatan ini, Judas Amir, mengajak seluruh yang hadir utamanya bagi yang menerima zakat mal untuk bersungguh-sungguh menjalankan usahanya dan disertai dengan doa.

Baca Juga : Penjabat Walikota Palopo Hadiri Pelantikan Pengurus Jatman

"Kita bekerja sambil berdoa, dan kita berharap mudah-mudahan yang hadir saat ini, tahun depan usahanya sudah berjalan dengan baik dan berkembang sehingga sudah mempunyai kemampuan untuk membayar zakat mal," katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan Bank Syariah, dari BPJS ketenagakerjaan, dan para penerima Mustahik.

#pemkot palopo #Wali Kota Palopo #Judas Amir