Selasa, 06 Juli 2021 08:30

Kementan Raih Penghargaan Pada BKN Award 2021

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kementan Raih Penghargaan Pada BKN Award 2021

Apresiasi ini diberikan dalam forum evaluasi pengelolaan manajemen kepegawaian se-Indonesia di Bali.

RAKYATKU.COM -- Kementerian Pertanian (Kementan) mendapatkan anugrah pada ajang penghargaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2021 sebagai peringkat dua kategori implementasi penilaian kinerja di Kementerian Tipe A.

Apresiasi ini diberikan dalam forum evaluasi pengelolaan manajemen kepegawaian se-Indonesia di Bali pada tanggal 1 Juli 2021.

Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementan, Zulkifli menyampaikan di bawah arahan Syahrul Yasin Limpo, seluruh jajaran Kementan diminta untuk benar-benar fokus menyukseskan seluruh program Kementan pada tahun 2021. Hal ini sekaligus menjadi kunci untuk menjawab setiap harapan dan kebutuhan rakyat dan petani Indonesia.

Baca Juga : Tak Ingin Jadi 'Apapun Lagi', Jadikan Amanah dan Ibadah Fokus Hidup

“Apresiasi ini menjadi kabar gembira untuk seluruh jajaran Kementerian Pertanian serta menambah semangat untuk para pegawai untuk terus aktif dan fokus dalam pelaksanaan program yang sudah disusun dengan implementasi pertanian yang maju, mandiri dan modern dalam semua aspek sektor kerja,” ujar Zulkifli di Jakarta, Selasa (5/7/2021).

Zulkifli menambahkan pada 2021 Kementan mempunyai rencana kerja yaitu mempercepat pemulihan ekonomi serta reformasi sosial dengan prioritas nasional untuk memperkuat ketahanan ekonomi.

 

Program prioritas Kementan meliputi peningkatan ketersediaan akses dan kualitas konsumsi pangan, peningkatan nilai tambah lapangan kerja, dan investasi di sektor riil dan industrialisasi.

Baca Juga : Pernah Ditikam, Diparangi, sampai Naik Kelas Sendiri

“Kita tidak main-main dalam kinerja penyediaan pangan. Saat ini dalam memonitoring kinerja, setiap pegawai Kementan wajib melaporkan setiap kinerja yang dilakukan sebagai pertanggungjawaban yang akan dinilai setiap bulannya. Bila ada staf yang tidak bekerja maka kita juga berikan sanksi yang tegas berupa pemotongan tunjangan kinerja,” tegasnya.

Sponsored by MGID

Sebagai informasi, BKN Award 2021 merupakan rangkaian dari acara Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian yang dibuka oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin dan dihadiri secara virtual oleh perwakilan Kementerian/Lembaga dan perwakilan Pemerintahan Pusat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Pada BKN Award 2021 kali ini, Kementan termasuk dalam kategori tipe A di mana pembagian tipe A, B dan C dilihat berdasarkan beban kerja dan jumlah pegawai secara keseluruhan.

Baca Juga : Makin Diminati, Empat Eksportir Kopi Teken Kontrak Baru Senilai Rp366,7 Miliar di Mesir

BKN sendiri telah memonoritong penilaian indeks implementasi norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK) manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) meliputi, penyusunan dan penetapan kebutuhan, pengadaan ASN, pengangkatan ASN, pangkat, jabatan, pola karier, pengembangan karier ASN, mutasi, penilaian kinerja, penggajian, tunjangan, dan fasilitasi, penghargaan, disiplin, cuti, kode etik, pemberhentian, jaminan pensiun dan hari tua, pensiun dan perlindungan.

Pada BKN Award 2021 terbagi dalam 5 kategori, di antaranya:

1) Kategori I, Perencanaan Formasi & Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan, dan Pensiun
2) Kategori II, Implementasi SAPK & Pemanfaatan CAT
3) Kategori III, Penilaian Kompetensi
4) Kategori IV, Implementasi Penilaian Kinerja
5) Kategori V, Komitmen Pengawasan dan Pengendalian

Baca Juga : Pengusaha Mesir Senang Berbisnis Orang Indonesia, Tim Promosi Pertanian Hasilkan Kontrak Dagang Rp4,7 Triliun

Dari 5 kategori tersebut, Kementan meraih penghargaan sebagai peringkat kedua dalam kategori Implementasi Penilaian Kinerja.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Usman Pala
#kementan