Jumat, 02 Juli 2021 20:27

Diam-Diam Pindah Partai, Legislator Berkarya DPRD Bulukumba Bakal Kehilangan Kursi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Andi Muttamar Mattotorang
Andi Muttamar Mattotorang

Ismail Yusuf dipecat karena diam-diam pindah partai. Baru ketahuan sembilan bulan kemudian setelah KPU bersurat ke Partai Berkarya.

RAKYATKU.COM - Partai Berkarya Bulukumba sedang bergejolak. Salah satu pengurusnya dipecat. Dia Ismail Yusuf yang juga legislator DPRD Bulukumba dari dapil 4 yang meliputi Kecamatan Bontotiro, Herlang, dan Kajang.

Pemecatan Ismail Yusuf dari partai besutan Tommy Soeharto itu, setelah diam-diam pindah ke Partai Beringin Karya. Hal itu dibenarkan Ketua DPD Partai Berkarya Bulukumba, Andi Muttamar Mattotorang.

Andi Muttamar mengatakan, Ismail Yusuf dipecat karena menyalahi aturan partai. Ia diam-diam pindah partai tanpa sepengetahuannya selaku ketua DPD.

Baca Juga : Tidak Ada Komunikasi, DPRD Soroti Bupati Bulukumba yang Ajukan Pinjaman Rp200 Miliar ke SMI

"Dia ternyata sudah sembilan bulan pindah partai. Kami baru tahu sekarang setelah mendapat SK-nya dari KPU," ujar Andi Muttamar kepada Rakyatku.com, Jumat (2/7/2021).

Nasib Ismail Yusuf selaku legislator partai Berkarya sedang di ujung tanduk. Kata Andi Muttamar, ia terancam pergantian antarwaktu (PAW) di DPRD karena melanggar UU Partai Politik Nomor 2 Tahun 2011 tentang Perubahan UU Nomor 2 Tahun 2008, pasal 16.

Lebih jauh, Andi Muttamar menjelaskan, sejak sembilan bulan terakhir, Ismail Yusuf tak pernah melakukan komunikasi dengan Partai Berkarya. Padahal, ia menjadi legislator berkat kerja keras Partai Berkarya Bulukumba.

Baca Juga : Lebih dari Setengah Anggota DPRD Bulukumba Mangkir, Pimpinan Bantah Bentuk Pembalasan kepada Pemda

"Saya dengar dia jadi dewan pembina di Partai Beringin Karya. Posisinya lebih tinggi memang. Tapi lagi-lagi, dia tidak ada komunikasi selama ini," kata Andi Muttamar.

Ismail Yusuf sendiri di Partai Berkarya adalah sekretaris DPC Kecamatan Kajang. Ia harus diberhentikan melalui SK yang dikeluarkan DPD Berkarya Bulukumba.

Ismail Yusuf yang dikonfirmasi Rakyatku.com, enggan berkomentar banyak mengenai hal ini. Ia bahkan mengaku baru mau mempelajari.

Baca Juga : Legislator Golkar Tagih Janji Andi Utta Musnahkan Babi Hutan

"Saya masih belum bisa komentar. Saya baru mau pelajari (pemecatannya)," ujarnya.

Saat ditanya soal dia yang terancam PAW, Ismail Yusuf hanya bilang, "Tidak ada partai baru di DPRD Bulukumba. Yang ada hanya Partai Beringin Karya."

 

Penulis : Rahmatullah
#DPRD Bulukumba #Partai Berkarya