Rabu, 21 April 2021 15:10

Legislator Golkar Tagih Janji Andi Utta Musnahkan Babi Hutan

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Legislator Golkar Tagih Janji Andi Utta Musnahkan Babi Hutan

Janji politik Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf untuk memusnahkan babi hutan mulai ditagih masyarakat.

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Janji politik Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf untuk memusnahkan babi hutan mulai ditagih masyarakat.

Membawa aspirasi masyarakat di Bulukumba Timur, Anggota DPRD Bulukumba, Fraksi Partai Golkar meminta agar Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, segera menuntaskan permasalahan hama babi yang selama ini kerap merusak tanaman para petani khususnya di kawasan Timur Bulukumba. Legislator Partai Golkar Bulukumba, Asri Jaya, segera merealisasikannya.

Ia mengaku, babi menjadi hama yang paling dikeluhkan oleh petani dan pekebun. Hama ini sangat meresahkan, dan hingga kini warga belum mendapatkan formulasi khusus untuk membasmi hama tersebut.

Baca Juga : Diam-Diam Pindah Partai, Legislator Berkarya DPRD Bulukumba Bakal Kehilangan Kursi

"Hama babi harus dituntaskan segera. Hama babi ini adalah keluhan utama masyarakat petani hari ini. Jagung, ubi, karet, kelapa dan lain-lain menjadi sasaran empuk selama ini," kata Asri Jaya.

Petani, kata dia, tidak akan bisa menghasilkan produksi yang maksimal, jika hama babi saja yang selama ini terjadi tidak bisa dituntaskan.

Olehnya itu, ia meminta perhatian pemerintah, bupati dan wakil bupati untuk segera turun tangan, apalagi soal penanganan hama babi sebelumnya menjadi salah satu janji kampanye Andi Utta kala itu, dan pasangan Harapan Baru itu menang di 3 kecamatan di Bulukumba Timur.

Baca Juga : Tidak Ada Komunikasi, DPRD Soroti Bupati Bulukumba yang Ajukan Pinjaman Rp200 Miliar ke SMI

"Bisa melalui OPD terkait untuk segera mendistribusikan ke masyarakat petani formulasi untuk menangkal atau mencegah hama babi ini apakah berbentuk racun atau alat penangkal lainnya," pinta Asri.

Petani Bulukumba, lanjut dia, harus dilindungi.Jangan dibiarkan sendirian, apalagi harus melakukan kontak fisik dengan babi. 

"Dan OPD terkait juga harus memassifkan sosialisasi teknis penggunaan racunnya dengan baik dan aman. Karena jangan sampai juga berdampak pada hewan ternak lainnya," pungkasnya. 

Baca Juga : Lebih dari Setengah Anggota DPRD Bulukumba Mangkir, Pimpinan Bantah Bentuk Pembalasan kepada Pemda

Sekedar mengigatkan, di masa kampanyenya, Muchtar Ali Yusuf mengaku memiliki cara ampuh untuk memberantas hama ini Yakni mengadopsi cara petani di Vietnam dalam memusnahkan hama babi.

Yakni dengan menggunakan umpan ikan dengan campuran sodium sianida. Namun, penerapan pemusnahan babi ini harus dengan pengawasan pihak berwajib.

Karena sodium sianida merupakan bahan atau senyawa berbahaya. Namun, sodium sianida ini dinilai lebih aman dan efektif jika dibandingkan menggunakan perangkap listrik.

Baca Juga : Pembongkaran Median Jalan Atas Permintaan Pengusaha SPBU Bikin Anggota DPRD Bulukumba Baper

Andi Utta, sapaannya mengaku, jika pemusnahan hama babi ini bakal menjadi prioritas program 100 hari kerjanya.

 

Penulis : Rahmatullah
#DPRD Bulukumba