Jumat, 25 Juni 2021 15:05

Aplikasi Bolata Yassiberrui Siap Jadi Bank Data Pemkab Barru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh, peluncuran proyek inovasi Bolata Yassiberrui di Tower Lantai 6 Kantor Bupati Barru, Jumat (25/6/2021).
Bupati Barru, Suardi Saleh, peluncuran proyek inovasi Bolata Yassiberrui di Tower Lantai 6 Kantor Bupati Barru, Jumat (25/6/2021).

Bolata Yassiberrui merupakan akronim. Dalam bahasa Bugis bermakna Bola Data atau rumah data sehingga data yang ada di Barru ini menjadi terintegrasi atau tersentral.

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati pemkab barru" href="https://rakyatku.com/tag/pemkab-barru">Barru, Suardi Saleh, meluncurkan proyek inovasi Bolata Yassiberrui di Tower Lantai 6 Kantor Bupati Barru, Jumat (25/6/2021).

Bolata Yassiberrui merupakan inovasi dari Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) Barru berbasis data melalui sistem aplikasi.

Bolata Yassiberrui merupakan akronim. Dalam bahasa Bugis bermakna Bola Data atau rumah data sehingga data yang ada di Barru ini menjadi terintegrasi atau tersentral.

Baca Juga : Pemkab Barru-USAID ERAT Kerja Sama Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan

Suardi Saleh mengapresiasi kehadiran karya Bolata Yassiberrui. Dia berharap adanya inovasi ini betul-betul berjalan dengan baik.

Suardi Saleh mengatakan, setiap perencanaan butuh data, membuat perencanaan dengan data yang salah maka sama halnya mubasir. "Saya mengharapkan adanya Bolata Yassiberrui menjadi pusat data yang betul-betul efektif dan efisien," ucap Suardi Saleh.

 

Inovasi ini menjadi tugas akhir dari Latihan Kepemimpinan (Latpim) Tingkat II Kepala Diskominsta, Syamsuddin. Suardi Saleh pun berharap agar betul-betul bermanfaat kepada Pemerintah Kabupaten Barru.

Baca Juga : Jumlah Anak Tak Sekolah di Barru Tahun 2020 Setara Penduduk Dusun

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik (Kominsta) Kabupaten Barru, Syamsuddin, menyampaikan karya Bolata Yassberrui adalah proyek perubahan terkait pengelolaan data berbasis digital.

Sponsored by MGID

"Kegiatan ini merupakan implementasi dari tugas kami dari Latpim II di LAN," ujar mantan Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Barru.

Lebih lanjut, kata dia, lahirnya inovasi ini berangkat dari permasalahan terkait data di lingkup Pemkab Barru. Kemudian sebagai jawaban atas tantangan di era digital 4.0.

Baca Juga : USAID ERAT Komitmen Ikut Tangani Stunting di Barru

"Saya mengakui dalam pelaksanaan masih banyak kendala seperti data yang belum tersentral sehingga Bolata Yassiberrui nantinya menjadi betul-betul sebagai pusat atau bank data," harapnya.

Sekadar informasi, selain program Bolata Yassiberrui, akan disiapkan Wi-Fi gratis bagi pengunjung ada di alun-alun Colliq Pujie.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penandatangan komitmen bersama dibacakan Kepala BKPSDM Nasruddin, diikuti Dinas Kominsta, perwakilan BPMPTSP, Dinas Parwisata, Bagian Pembangunan, Bagian Hukum dan perwakilan camat.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #Bolata Yassiberrui #Dinas Kominsta Barru