Kamis, 24 Juni 2021 11:34

Belasan Jam Menunggu Pesawat yang Rusak, 22 Calon Penumpang Lion Air Tak Jelas Kabarnya

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ILUSTRASI
ILUSTRASI

Terdapat indikator pada kokpit yang menunjukkan komponen tertentu pada pesawat Lion Air jenis Boeing 737-900ER registrasi PK-LFO itu perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut.

RAKYATKU.COM – Insiden kecil menimpa pesawat Lion Air JT-505 pada Rabu (23/6/2021). Pesawat ini rencananya terbang dari Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Lion Air JT-505 dijadwalkan berangkat pukul 07.00 WIB. Diperkirakan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 08.00 WIB. Pesawat ini bersiap menerbangkan tujuh awak serta 187 penumpang.

Ternyata pesawat jenis Boeing 737-900ER registrasi PK-LFO itu mengalami masalah teknis. Terdapat indikator pada kokpit yang menunjukkan komponen tertentu pada pesawat perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Baca Juga : KKP dan Bandara Loloskan Penumpang Positif Covid-19, Citilink dan Lion Air Kena Batunya

Lion Air menginformasikan kepada penumpang bahwa penerbangan JT-505 mengalami keterlambatan keberangkatan.

"Lion Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul sehingga rencana perjalanan udara pada penerbangan JT-505 terganggu," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis.

 

Berdasarkan hasil pengecekan oleh teknisi, pengerjaan perbaikan pada komponen tertentu pesawat dimaksud membutuhkan waktu yang signifikan serta harus mendatangkan komponen pengganti dari Jakarta.

Baca Juga : Berlaku Mulai Hari Ini, Lion Air Berikan Bagasi 15 Kilogram Gratis

Akhirnya Lion Air memutuskan mengganti dengan pesawat cadangan yang berada di Bandara Kulonprogo, Yogyakarta (YIA). Pesawat jenis Boeing 737-800NG registrasi PK-LKZ sudah menjalani pemeriksaan sebelum diterbangkan dan dinyatakan laik serta aman.

Sponsored by MGID

"Lion Air menerbangkan secara khusus tanpa penumpang bernomor terbang JT-5001 dari YIA menuju Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani," lanjut Danang.

Penerbangan JT-505 telah diberangkatkan dari Semarang menggunakan jadwal keberangkatan pukul 16.05 WIB dan waktu kedatangan di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada 17.10 WIB.

Baca Juga : Layanan Rapid Test Antigen COVID-19 Lion Air Hadir di Area Bandara Sultan Hasanuddin

Lion Air membawa tujuh awak pesawat, 141 penumpang, serta tiga anak-anak. Ada 30 penumpang mengajukan perubahan jadwal berangkat dan pengajuan pengembalian dana tiket.

Sementara 22 penumpang lainnya belum melapor. Tidak diketahui apakah merelakan biaya tiketnya dan berangkat melalui masakapai lain.

Sponsored by advertnative
 
#lion air