Minggu, 20 Juni 2021 12:55

"Selamat Jalan Fadli Zon" Sampul Video yang Sebut Fadli Zon Meninggal Dunia karena Covid-19

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sumber foto: archive.ph/lDRpk
Sumber foto: archive.ph/lDRpk

HOAX!!! Berdasarkan hasil pemeriksaan fakta, tidaklah ditemukan fakta terkait Fadli Zon telah meninggal dunia.

RAKYATKU.COM - Heboh informasi yang menyebut Anggota DPR RI, fadli zon" href="https://rakyatku.com/tag/fadli-zon">Fadli Zon meninggal dunia karena terinfeksi covid-19" href="https://rakyatku.com/tag/covid-19">Covid-19.

Klaim Fadli Zon meninggal dunia" href="https://rakyatku.com/tag/meninggal-dunia">meninggal dunia tersebut, dibagikan kanal YouTube bernama Teropong Istana.

Kanal youtube Teropong Istana membagikan video Fadli Zon meninggal dunia, pada 8 Juni 2021. Video itu berjudul "INNALILLAHI..TAK KUASA MELIHATNYA TANGISAN KELUARGA TAK TERBENDUNG".

Baca Juga : Turut Berbelasungkawa, Pj Gubernur Sulsel Silaturahmi ke Keluarga Petugas KPPS yang Meninggal Dunia

Dalam thumbnail video tersebut, digunakan foto keadaan seperti di rumah sakit dengan adanya satu pasien yang terbaring di tempat tidur dan telah ditutupi kain kafan.

Namun setelah video tersebut diputar, hal yang disampaikan dalam video sangatlah berbeda dengan narasi yang tertera dalam thumbnail.

Pada video tersebut, pemilik channel youtube teropong istana justru menjelaskan tentang kondisi Fadli Zon yang terindikasi positif terpapar Covid-19 meski telah melakukan vaksinasi untuk kedua kalinya.

Baca Juga : Jenazah Hasnah Syam Disambut Ribuan Warga Saat Tiba di Barru

Dilansir dari fadli zon meninggal dunia" href="https://turnbackhoax.id/2021/06/18/salah-tak-tertolong-selamat-jalan-fadlizon-ada-kejanggalan-atas-kepergian-nya-hingga-seperti-ini/">turnbackhoax.id, berdasarkan hasil pemeriksaan fakta, tidaklah ditemukan fakta terkait Fadli Zon telah meninggal dunia. Namun fakta yang ada ialah benar bahwa Fadli Zon terpapar Covid-19 meski telah melakukan vaksin untuk kedua kalinya.

Wakil ketua umum partai Gerindra Habiburokhman juga menjelaskan bahwa kondisi Fadli Zon pada saat terindikasi positif Covid-19 dalam keadaan yang stabil, namun harus menjalani perawatan di rumah sakit untuk memaksimalkan pemulihannya.

Fadli Zon melalui Twitternya meminta doa untuk kesehatannya serta mengajak masyarakat untuk tetap waspada dalam menjaga kesehatan, menjaga jarak, dan menjaga imunitas tubuh.

Baca Juga : Pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa Ditemukan Meninggal Dunia

Bahkan pada tanggal 8 Juni 2021 lalu, melalui akun Twitternya, Fadli Zon menyatakan bahwa swab yang dilakukannya pada pagi hari hasilnya negatif Covid-19. Selain itu ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendoakan serta tetap mengimbau agar tetap menjaga protokol kesehatan dan tidak mengabaikan adanya Covid-19 itu sendiri.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait tidak tertolongnya Fadli Zon atau dengan kata lain Fadli Zon telah meninggal dunia, yang dimuat dalam video yang diunggah oleh channel youtube teropong istana, ialah informasi yang salah atau masuk ke dalam kategori koneksi yang salah.

#Fadli Zon #meninggal dunia #Covid-19