Senin, 14 Juni 2021 23:58

Ini Profil Naftali Bennett, Perdana Menteri Israel yang Baru Pengganti Benjamin Netanyahu

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Naftali Bennett (AP PHOTO/ARIEL SCHALIT)
Naftali Bennett (AP PHOTO/ARIEL SCHALIT)

Perdana Menteri Israel yang baru, Naftali Bennett menggeser posisi Benjamin Netanyahu.

RAKYATKU.COM - Naftali Bennett adalah Perdana Menteri israel" href="https://rakyatku.com/tag/israel">Israel yang baru. Naftali menggantikan benjamin netanyahu" href="https://rakyatku.com/tag/benjamin-netanyahu">Benjamin Netanyahu yang sudah memimpin selama 12 tahun. Simak ulasan profil Naftali Bennett di bawah ini.

Dalam pemilihan di parlemen Israel (Knesset), Naftali Bennett menang dengan suara tipis 60-59.

Bennett merupakan sosok kontradiksi. Ia adalah Yahudi religius, namun di sisi lain menjadi miliuner karena mampu menghasilkan jutaan dolar melalui sektor hi-tech dan tinggal di pinggiran kota Tel Aviv.

Baca Juga : Korban Tewas di Palestina Tembus 14 Ribu Orang, 5.600 Anak-anak

Pria berusia 49 tahun ini juga merupakan mantan sekutu Netanyahu karena pernah diangkat sebagai menteri pertahanan. Ia juga pernah menjadi menteri pendidikan dan menteri ekonomi.

Namun, ia bermitra dengan penentang Bibi (sebutan Netanyahu), untuk mengakhiri pemerintahan pria 71 tahun itu. Meski partainya yang ultranasionalis Yamina hanya memenangkan tujuh kursi di Knesset dan beranggotakan 120 orang dalam pemilihan Maret, Bennett melaju dengan dukungan gabungan delapan partai atas inisiasi Yair Lapid.

Kini, ia berakhir dengan 'mahkota' perdana menteri. Akibatnya pendukung Netanyahu telah mencap Bennett sebagai pengkhianat. Ia dikatakan menipu pemilih.

Baca Juga : Tidak Bertindak atas Kekerasan Israel Terhadap Palestina, FIFA Dikecam

Meski demikian, Bennett telah membela keputusannya sebagai langkah pragmatis. Tujuannya untuk menyatukan negara dan menghindari pemilihan putaran lainnya.

Bennett merupakan sosok yang dikatakan menentang kemerdekaan Palestina. Ia sangat mendukung pemukiman Yahudi di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem timur.

Di 2010 menjadi kepala Dewan Yesha yang melobi pemukim Yahudi di Tepi Barat. Ia keras mengkritik Netanyahu setelah pemerintah setuju untuk memperlambat pembangunan pemukiman di bawah tekanan dari mantan Presiden AS Barack Obama.

Baca Juga : Menag Terbitkan Edaran Aksi Solidaritas & Doa Bersama Untuk Palestina

Bennett mengatakan pengalaman pahit perang Israel 2006 melawan kelompok militan Lebanon Hizbullah mendorongnya ke politik. Perang selama sebulan berakhir dengan tidak meyakinkan dan kepemimpinan militer dan politik Israel pada saat itu secara luas dikritik karena ceroboh dalam kampanye.

Bennett mewakili generasi ketiga pemimpin Israel, yang tumbuh dewasa saat awal peperangan dengan negara-negara Arab. Bennett akan menjadi perdana menteri pertama Israel yang secara teratur mengenakan kippa, atasan kepala yang dikenakan oleh orang-orang Yahudi yang taat.

Sebelumnya, Bennet adalah keturunan imigran AS. Sebelum terjun ke dunia politik pada 2013. Bennett memulai kehidupan dengan orang tuanya yang lahir di Amerika di Haifa.

Baca Juga : Pengamat: Ganjar-Mahfud Paling Tegas Soal Konflik Israel-Palestina

Setelah bertugas di unit komando elit Sayeret Matkal, Bennett melanjutkan ke sekolah hukum di Universitas Ibrani. Ia pernah merantau ke New York dan mendirikan perusahaan rintisan, Cyota, pada 1999.

Cyota adalah sebuah perusahaan perangkat lunak anti-penipuan yang dijual pada tahun 2005 ke RSA Security yang berbasis di AS seharga US$ 145 juta.

israel-yang-benci-palestina">sumber: CNBCIndonesia

#Israel #Benjamin Netanyahu #Naftali Bennett