Minggu, 13 Juni 2021 19:00

Survei SMRC: Bukan Puan, Mayoritas Pendukung Jokowi Pilih Ganjar Pranowo

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Survei SMRC: Bukan Puan, Mayoritas Pendukung Jokowi Pilih Ganjar Pranowo

Ganjar masih terus membayangi Prabowo dalam survei capres. Mungkinkah terjadi pasangan Prabowo-Ganjar?

RAKYATKU.COM - Ada yang menarik dari hasil survei terbaru Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC). Pendukung Joko Widodo terpotret cenderung memilih Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

SMRC tidak secara khusus menyebut mereka sebagai pendukung Jokowi. Mereka adalah responden yang puas terhadap kinerja Jokowi. Angkanya mencapai 75,6 persen.

Dari jumlah itu, sebanyak 43,9 persen mendukung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Jauh mengungguli Prabowo Subianto 23,3 persen dan Anies Baswedan 22,3 persen.

Baca Juga : Survei Parameter Politik: Ganjar Sudah Lewati Anies Baswedan, Tiada Lagi Prabowo-Sandi?

Pada survei Mei 2021 jumlah masyarakat yang tidak puas kinerja Jokowi sebesar 23,4 persen. Di antara pemilih yang tidak puas itu, Prabowo unggul dengan 48,5 persen, Anies 33,7 persen, dan Ganjar 14,9 persen.

Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad mengatakan, survei nasional ini dilakukan melalui wawancara lapangan pada 21-28 Mei 2021.

 

Responden dipilih dengan metode multistage random sampling sebesar 1220 responden. Margin of error survei sebesar kurang lebih 3,05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga : Elektabilitas PDIP Menurun saat Demokrat dan PKS Naik Daun, Prabowo Unggul dalam Survei Terbaru

Secara umum, survei ini menemukan Prabowo Subianto masih calon terkuat pada Pilpres 2024. Ada 24 nama yang disodorkan. Prabowo unggul jauh atas pesaingnya.

Sponsored by MGID

Prabowo Subianto berada di urutan pertama dengan perolehan suara 21,5 persen. Di urutan kedua, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 12,6 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 12 persen, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 5,5 persen.

Kemudian, Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil 4,4 persen, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok 4,3 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3,2 persen.

Baca Juga : Elektabilitas PDIP Menurun saat Demokrat dan PKS Naik Daun, Prabowo Unggul dalam Survei Terbaru

Lalu, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini 2,9 persen dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri 2,4 persen.

Sponsored by advertnative
 
#prabowo-ganjar #survei capres 2024