Sabtu, 12 Juni 2021 08:13

Digambarkan sebagai Kekerasan Paling Keji, Beredar Video Penyiksaan Tahanan Palestina di Israel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Tangkapan layar video Twitter Twitter @m7mdkurd.
Foto: Tangkapan layar video Twitter Twitter @m7mdkurd.

Rekaman video memperlihatkan ada sekitar 55 tahanan Palestina dibungkukkan ke lantai dan ditahan.

RAKYATKU.COM - israel siksa palestina" href="https://rakyatku.com/tag/israel">Israel menutup kasus yang melibatkan setidaknya 10 petugas sipir penjara. Mereka terekam memukuli tahanan Palestina. Pemukulan ini digambarkan sebagai salah satu insiden kekerasan paling keji terhadap tahanan di sebuah penjara Israel.

Surat kabar Haaretz, Jumat (11/6/2021), mewartakan hanya empat petugas yang dimintai keterangan dan tidak ada seorang ditahan atas kejadian yang terjadi pada 24 Maret 2019 di Penjara Ketziot Wing 3. Di penjara inilah diyakini puluhan anggota Hamas ditahan.

Rekaman video memperlihatkan ada sekitar 55 tahanan Palestina dibungkukkan ke lantai dan ditahan.

Baca Juga : Kemenag dan Baznas kirim 10 Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Seorang petugas Israel lalu meninju mereka, menendang, dan memukulinya dengan tongkat polisi. Para tahanan itu dilarang bersuara atau bahkan bergerak selama berjam-jam.

Kepolisian Israel unit investigasi yang menyidik petugas sipir penjara mengatakan alasan resmi terjadinya ketegangan adalah pelanggaran yang tidak diketahui. Investigasi atas kasus inipun lalu ditutup.

Baca Juga : Masyarakat Luwu Utara Kirim Donasi untuk Palestina

Haaretz dalam pemberitaannya menyebut seorang anggota Hamas di antara tahanan itu telah menikam dua petugas. Satu dari dua petugas tersebut mengalami luka-luka.

Saat insiden terjadi, petugas sipir penjara mencoba memulihkan ketertiban di barak Wing 3 setelah meletup kerusuhan menyusul insiden penikaman tersebut. Namun, rekaman video memperlihatkan tidak ada kerusuhan.

Sebaliknya, rekaman kamera keamanan memperlihatkan petugas sipir penjara memukuli tahanan tanpa ada provokasi. Amir Salum (26), mantan narapidana asal Palestina, yang pernah dijebloskan ke penjara Ketziot selama empat tahun dan menyaksikan insiden yang terekam kamera itu, menceritakan ketika kejadian pemukulan terjadi tidak ada faktor pemicunya.

Baca Juga : Korban Tewas di Palestina Tembus 14 Ribu Orang, 5.600 Anak-anak

Sumber: aljazeera.com

#Israel #palestina #Penyiksaan