Sabtu, 12 Juni 2021 08:13

Digambarkan sebagai Kekerasan Paling Keji, Beredar Video Penyiksaan Tahanan Palestina di Israel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Tangkapan layar video Twitter Twitter @m7mdkurd.
Foto: Tangkapan layar video Twitter Twitter @m7mdkurd.

Rekaman video memperlihatkan ada sekitar 55 tahanan Palestina dibungkukkan ke lantai dan ditahan.

RAKYATKU.COM - Israel menutup kasus yang melibatkan setidaknya 10 petugas sipir penjara. Mereka terekam memukuli tahanan Palestina. Pemukulan ini digambarkan sebagai salah satu insiden kekerasan paling keji terhadap tahanan di sebuah penjara Israel.

Surat kabar Haaretz, Jumat (11/6/2021), mewartakan hanya empat petugas yang dimintai keterangan dan tidak ada seorang ditahan atas kejadian yang terjadi pada 24 Maret 2019 di Penjara Ketziot Wing 3. Di penjara inilah diyakini puluhan anggota Hamas ditahan.

Rekaman video memperlihatkan ada sekitar 55 tahanan Palestina dibungkukkan ke lantai dan ditahan.

Baca Juga : Israel Larang Anggota Komite Tinggi Arab Salat di Masjidilaqsa

Seorang petugas Israel lalu meninju mereka, menendang, dan memukulinya dengan tongkat polisi. Para tahanan itu dilarang bersuara atau bahkan bergerak selama berjam-jam.

Kepolisian Israel unit investigasi yang menyidik petugas sipir penjara mengatakan alasan resmi terjadinya ketegangan adalah pelanggaran yang tidak diketahui. Investigasi atas kasus inipun lalu ditutup.

Baca Juga : Ini Profil Naftali Bennett, Perdana Menteri Israel yang Baru Pengganti Benjamin Netanyahu

Haaretz dalam pemberitaannya menyebut seorang anggota Hamas di antara tahanan itu telah menikam dua petugas. Satu dari dua petugas tersebut mengalami luka-luka.

Sponsored by MGID

Saat insiden terjadi, petugas sipir penjara mencoba memulihkan ketertiban di barak Wing 3 setelah meletup kerusuhan menyusul insiden penikaman tersebut. Namun, rekaman video memperlihatkan tidak ada kerusuhan.

Sebaliknya, rekaman kamera keamanan memperlihatkan petugas sipir penjara memukuli tahanan tanpa ada provokasi. Amir Salum (26), mantan narapidana asal Palestina, yang pernah dijebloskan ke penjara Ketziot selama empat tahun dan menyaksikan insiden yang terekam kamera itu, menceritakan ketika kejadian pemukulan terjadi tidak ada faktor pemicunya.

Baca Juga : Umurnya 1.000 Tahun, Inilah Telur Ayam Tertua di Dunia yang Ditemukan di Israel

Sumber: aljazeera.com

Sponsored by advertnative
 
#Israel #palestina #Penyiksaan