Rabu, 09 Juni 2021 09:16

BMKG Ingatkan Potensi Tsunami 29 Meter, Warga Diminta Buat Jalur Evakuasi ke Dataran Tinggi

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

BMKG mengingatkan adanya potensi gempa dan tsunami setinggi 29 meter di wilayah selatan Jawa.

RAKYATKU.COM - Badan Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG) meminta warga mulai mengantisipasi gempa bumi" href="https://rakyatku.com/tag/gempa-bumi">gempa bumi dengan magnitudo 8,7, dan tsunami" href="https://rakyatku.com/tag/tsunami">tsunami setinggi 29 meter di wilayah selatan Jawa.

Untuk mengantisipasi tsunami dahsyat ini, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, berharap warga mulai membuat jalur evakuasi ke dataran yang lebih tinggi, sekaligus rambu-rambu jalur evakuasinya.

“Sebab, hingga saat ini kami (BMKG) belum bisa memprediksi kapan gempa bumi atau tsunami itu akan terjadi. Sehingga perlu adanya kesadaran mandiri dari masyarakat,” kata Dwikorita usai membuka kegiatan Sekolah Lapang Gempa Bumi di Balai Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (8/6/2021).

Baca Juga : Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Kepulauan Selayar Sulsel

Menurutnya, jalur evakuasi dalam suatu desa semakin banyak semakin baik. Yang penting harus lebih tinggi. Artinya, jalur evakuasi masyarakat tidak harus sama satu dengan yang lain.

“Kalau misalnya rumah kita berada di kawasan pegunungan atau justru di belakang rumah kita ada tebing tinggi, maka itu bisa dijadikan jalur evakuasi,” jelasnya.

“Jadi tidak perlu ikut warga yang lain lari ke titik kumpul yang jauh. Tapi, kita sendiri bisa lari ke belakang rumah,” sambungnya.

Baca Juga : Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Palu, Sulawesi Tengah

Selain jalur evakuasi, warga juga diharapkan bisa bergotong royong alias swadaya memberikan tanda pada rumah yang anggota keluarganya terdapat wanita hamil, lansia, dan difabel.

“Sehingga ketika terjadi bencana, maka tetangganya harus tahu dan bertanggung jawab untuk membantu evakuasi,” ujarnya dilansir dari jambiekspres.co.id.

Lebih lanjut, mantan Rektor Universitas Gajah Mada itu menyebut, meski potensi gempa bumi dan tsunami di wilayah selatan Jawa terbilang dahsyat, kabar baiknya, waktu tiba tsunami tercepat ke daratan diprediksi 20-24 menit. Sehingga, kata Dwikorita, masyarakat masih mempunyai cukup waktu untuk melakukan evakuasi sesegera mungkin apabila terjadi gempa bumi besar dan lama.

Baca Juga : Prediksi BMKG, El Nino Bertahan hingga Akhir Tahun 2023

“Nah, BMKG butuh waktu pengolahan data maksimal 5 menit pasca gempa bumi. Sehingga jika di wilayah selatan Jawa terjadi gempa bumi masih cukup waktu untuk memberikan informasi kepada masyarakat,” pungkasnya.

#Tsunami #gempa bumi #bmkg