Rabu, 09 Juni 2021 08:47
Kualifikasi Piala Dunia 2022

Sebut Rusak Permainan, Shin Tae-yong Minta AFC Tinjau Wasit Laga Timnas Indonesia vs Vietnam

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong di laga timnas Indonesia Vs Vietnam, Senin (7/6/2021) malam WIB. (PSS.ORG)
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong di laga timnas Indonesia Vs Vietnam, Senin (7/6/2021) malam WIB. (PSS.ORG)

Wasit yang memimpin laga Timnas Indonesia vs Vietnam banyak mendapat sorotan. Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong meminta AFC untuk meninjau wasit Ahmad Al-Ali di laga timnas Indonesia Vs Vietnam.

RAKYATKU.COM - Sejumlah keputuan wasit, dianggap kontroversi dalam laga Timnas Indonesia vs Vietnam, di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (7/6/2021).

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong meminta AFC untuk meninjau wasit di laga Timnas Indonesia Vs Vietnam.

Shin Tae-yong memprotes wasit asal Kuwait, Ahmad Al-Ali yang memimpin pertadingan tersebut.

Baca Juga : Selamat Jalan, Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia Ucapkan Duka atas Wafatnya Yoo Sang-chul

Menurut Shin, ada banyak keputusan wasit Al-Ali yang membuat berubah permainan anak asuhnya. Timnas Indonesia kalah telak dari Vietnam dengan skor 0-4.

Di babak pertama pasukan Garuda mampu menahan imbang anak-anak asuhan Park Hang-seo dengan skor 0-0.

 

Gol pembuka Vietnam yang dicetak oleh Nguyen Tien Linh pada menit ke-51 tak lepas dari kontoversi. Lantaran gol tercipta setelah Tien Linh terlihat melakukan handball sebelum menendang bola ke gawang.

Baca Juga : Hasil Timnas Indonesia vs Thailand Imbang 2-2, Ini Klasemen Sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022

Nguyen yang menerima umpan panjang sempat melepaskan tendangan, tetapi berhasil diblok oleh bek Timnas, Arif Satria. Nah bola blokiran dari Arif Satria mengenai tangan dari Tien Linh.

Kiper Nadeo Argawinata menjadi yang pertama melihat handball tersebut dengan mengangkat tangan. Saat bola masuk ke gawang, Nadeo pun langsung menghampiri wasit.

Tapi gol tetap disahkan saat para pemain Timnas Indonesia melancarkan protes keras. Nadeo pun dihadiahi kartu kuning atas protesnya.

Baca Juga : Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022

"Gol pertama, wasit salah mengambil keputusan karena bola menyentuh tangan pemain Vietnam sebelum mencetak gol," ujar Shin Tae-yong.

"Setelah gol itu, semua menjadi sulit bagi kami (mengembangkan permainan)," tambahnya.

Dalam situasi tertinggal 0-3, Timnas Indonesia masih berupaya untuk memperkecil ketertinggalan. Egy Maulana Vikri pun sempat mendapat peluang dengan melepaskan tendangan yang membentur mistar gawang.

Baca Juga : Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Saddam Gaffar terjatuh di kotak penalti saat berupaya mengejar bola muntah peluang dari Egy. Tapi wasit bergeming dan tetap melanjutkan laga berjalan.

Soal insiden ini, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menilai timnya layak mendapatkan hadiah penalti. Ia yakin hasil pertandingan bisa berbeda andai Timnas Indonesia tak dirugikan wasit.

"Setelah kemasukan tiga gol pun, seharusnya kami dapat penalti. Karena tidak dapat, akhirnya flow makin ke Vietnam. Karena itu flow kami tidak ada sama sekali dan akhirnya kami kalah," ujar Shin Tae-yong.

Baca Juga : Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Akibat ketidakpuasan itu, Shin juga bakal meminta AFC untuk meninjau wasit tersebut.

"Anda tahu saya terus protes soal wasit, tetapi coba lihat gol pertama. Gol yang memengaruhi laga terlalu banyak dan membuat kami sulit."

"Indonesia bermain baik di babak pertama, dua tim bermain imbang hingga paruh laga, tetapi wasit mengubah atmosfer di lapangan."

Baca Juga : Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022

"Saya telah menghadiri Piala Dunia sebelumnya, jadi saya paham skor tadi tidak layak untuk kami, saya juga akan meminta AFC meninjau wasit mereka agar situasi seperti ini tak terjadi lagi," kata Shin Tae-yong.

#Kualifikasi Piala Dunia #Timnas Indonesia #Timnas Vietnam