Selasa, 08 Juni 2021 17:43

Potensi Rebutan Kursi Bupati Gowa dengan Klan Amir Uskara, Ini Kata Darmawangsa Muin

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Potensi Rebutan Kursi Bupati Gowa dengan Klan Amir Uskara, Ini Kata Darmawangsa Muin

"Politik itu kan dinamis, tapi nanti kita lihat," kata Darmawangsa Muin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan, Darmawangsa Muin (DM), tampaknya masih berpikir panjang terkait kesiapan maju pada pesta pemilihan Bupati Kabupaten Gowa 2024 mendatang.

Saat ditemui di DPRD Sulsel, (Selasa 8/6/2021), DM menyebut pesta pemilihan Bupati Gowa masih cukup lama. Namun, ia juga menyebut situasi politik sangat dinamis dan bisa berubah kapan saja. "Politik itu kan dinamis, tapi nanti kita lihat," kata DM.

Untuk diketahui, Bupati Gowa telah dua kali dimenangkan oleh pasangan Adnan Purichta Ichsan-Kr Kio. Itu artinya jabatan Bupati dan Wakil Bupati Gowa untuk periode selanjutnya akan diperebutkan oleh pendatang baru.

Baca Juga : Ditetapkan Pemenang, Adnan Purichta Ichsan Ungkap Sejarah yang Tercipta di Pilkada Gowa 2020

Beberapa klan tokoh politik kerap dikait-kaitkan akan meramaikan pertarungan pemilihan kepala daerah di Gowa nantinya. Selain klan Darmawan Muin, juga muncul klan Amir Uskara.

Amir Uskara sendiri merupakan tokoh politik Sulsel yang tak perlu diragukan sepak terjangnya. Pernah duduk di DPRD Kabupaten Gowa kemudian DPRD Provinsi Sulsel dan saat ini menjadi anggota DPR RI untuk periode kedua.

 

Bahkan ia menduduki posisi strategis dengan menjabat sebagai Ketua Fraksi PPP di DPR RI dan menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan dan perbankan.

Baca Juga : Besok, Adnan-Kio Ditetapkan sebagai Pemenang Pilkada Gowa

Di internal PPP, karier Amir Uskara pun mentereng. Saat ini ia menjabat sebagai wakil ketua umum mendampingi Suharso Monoarfa. Ini merupakan kesekian kalinya Amir Uskara menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP PPP setelah pada periode 2016--2020 ia mendampingi Ketua Umum Muhammad Romahurmuziy hingga Plt Ketua Umum Suharso Monoarfa.

Sponsored by MGID

Amir Uskara pun memiliki penerus dalam bidang perpolitikan. Imam Fauzan, legislator muda di DPRD Sulsel merupakan anak kandung Amir Uskara. Imam pun menduduki jabatan sebagai Ketua Fraksi PPP DPRD Sulsel.

Sementara itu, Darmawangsa Muin sebagai incumbent pun menduduki jabatan strategi di DPRD Sulsel dengan menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD. Ia merupakan peraih suara terbanyak dalam pemilihan legislatif tahun 2019 dengan jumlah 39.834 suara di daerah pemilihan 3, meliputi Gowa dan Takalar. Perolehan suara tersebut lebih tinggi dari periode sebelumnya pada dapil yang sama yakni 23.446 suara.

Baca Juga : Baliho Adnan-Kio Ditertibkan, Atribut Kolom Kosong Dibiarkan

Sementara di Partai Gerindra Sulsel, ia menjabat sebagai Ketua Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (OKK).

Tak hanya karier politik Darmawangsa Muin yang mentereng, Andi Tenri Indah yang merupakan istrinya pun mentereng. Andi Tenri Indah yang juga kader Partai Gerindra saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gowa. Ia berhasil masuk parlemen dengan bertarung di daerah pemilihan 1 meliputi Kecamatan Somba Opu dengan meraup 3.595 suara.

Tak hanya memiliki posisi strategis di DPRD Gowa, Andi Tenri Indah pun menduduki jabatan kunci di partai dengan menjabat sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Gowa.

Baca Juga : Baliho Adnan-Kio Ditertibkan, Atribut Kolom Kosong Dibiarkan

Dikonfirmasi terkait kemungkinan berkoalisi atau saling berlawanan dengan klan Amir Uskara dalam pemilihan kepala daerah di Gowa nantinya, Darmawangsa Muin tak berbicara banyak. Namun, ia menyebut segala sesuatu bisa dikomunikasikan secara kekeluargaan.

"Yang pasti kalau Pak Amir-lah karena dia yang kakak. Intinya nantilah kita bicarakan secara kekeluargaan," tambahnya.

Untuk diketahui, pemilihan kepala daerah di Gowa yang dimenangkan oleh pasangan Adnan-Kio telah berlangsung dengan situasi yang cukup kondusif. DM pun berharap, ke depan jika pemilihan kepala daerah kembali digelar agar tetap berjalan kondusif.

Baca Juga : Baliho Adnan-Kio Ditertibkan, Atribut Kolom Kosong Dibiarkan

"Pilkada Gowa kan sudah kita lalui, ini semua hasil para elite di Gowa. Harapan saya pilkada Gowa dapat lebih sejuk lagi," tambahnya.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Syukur
#Darmawangsyah Muin #Pilkada Gowa #Darmawangsa Muin