Senin, 07 Juni 2021 20:13

Desa Samataring Wakili Polres Jeneponto Ikut Lomba KTN Balla Ewako di Polda Sulsel

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Desa Samataring Wakili Polres Jeneponto Ikut Lomba KTN Balla Ewako di Polda Sulsel

Kasubbag Humas Polres Jeneponto, AKP Syahrul menyebutkan, KTN pada seluruh jajaran sudah punya gelar masing-masing. Diantaranya Balla Ewako yang artinya Kampung Tangguh, Jago, hebat, kuat, dan lainnya.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Jajaran Polri telah mendirikan Kampung Tangguh Nusantara (KTN), yang didirikan di setiap tingkat desa dan kelurahan khusus diwilayah hukum Polda Sulawesi selatan.

Kasubbag Humas Polres Jeneponto, AKP Syahrul menyebutkan, KTN pada seluruh jajaran sudah punya gelar masing-masing. Diantaranya Balla Ewako yang artinya Kampung Tangguh, Jago, hebat, kuat, dan lainnya.

Selanjutnya penggelaran pendiriannya di Polda Sulsel dinamakan Kampung Tangguh Nusantara Balla' Ewako. Beberapa desa dan Kelurahan sudah mendirikan KTN Balla' Ewako.

Baca Juga : Warga Beli Sertifikat Vaksin, Polda Sulsel: Jangan Manfaatkan Kesempatan dalam Kesempitan

"Pendirian KTN ini diperlombakan pada seluruh wilayah khususnya Polda Sulsel. Dan tepat pada bulan Juni sekitar pukul 10.00 wita, di Desa Samataring, Polres Jeneponto lomba Kampung Tangguh Nusantara, Balla ewako Polda Sulsel," urainya, Senin (7/6/2021).

Syahrul menjelaskan, Tim Penilai Lomba Kampung Tangguh Nusantara Balla Ewako dari Direktorat Binmas Polda Sulsel yang di pimpin oleh Kasubdit Bin Polmas Dit Binmas Polda Sulsel AKBP Burhan bersama dengan rombongan 5 anggota.

 

Dia juga didampingi oleh Kasat Binmas Polres Jeneponto AKP Syahrul Regama bersama Staf Binmas di Kabupaten Jeneponto di Desa Samataring Kecamatan Kelara. Burhan bersama anggota, untuk melakukan penilaian dan peninjauan Kampung Tangguh Nusantara Balla Ewako.

Baca Juga : Warga Tak Berani Mendekat, Pria di Bantaeng Bunuh Ayah, Ibu, dan Saudari Kandung

"Sebelum Tim penilai lomba dari Polda Sulsel turun ke jajaran, Sat Binmas Polres Jeneponto telah melakukan survei dan peninjauan kesiapan lomba di jajaran Polres Jeneponto dan pada Akhirnya Desa Samataring di percayakan mewakili Polres Jeneponto pada lomba ditingkat Polda Sulsel," terangnya.

Sponsored by MGID

Menurutnya, kegiatan dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan dalam rangka HUT Bhayangkara ke 75 di Polda Sulsel. Kampung Tangguh Nusantara merupakan program Polri dalam membangun ketangguhan dalam suatu wilayah di berbagai bidang.

"Yang bertujuan untuk membangun kemandirian wilayah dalam menjaga ketahanan masyarakat di segala bidang, khususnya dalam rangka Pencegahan penyebaran covid-19. Tak hanya di bidang kesehatan pencegahan Covid, namun juga dibidang pendidikan, pertanian, industri, pertambangan, agama, sosial budaya, keamanan," sebutnya.

Baca Juga : Dua Perwira Pejabat Polres Jeneponto Berganti, Putra Turatea Jabat Kasat Reskrim

Selanjutanya, kata mantan Kapolsek Kelara itu, juga yang bermuara pada peningkatan ketahanan, kemakmuran, kesejahteraan, keamanan, kesehatan dengan konsep kemandirian masyarakat dengan segenap kemapuan, potensi dan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang dimilikinya, yang dilandasi dengan tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi.

Begitupula halnya dengan Pencegahan Covid 19, melalui Pendirian Kampung Tangguh Nusantara, masyarakat memiliki kesadaran untuk membangun ketahanan serta berperan aktif dalam mencegah penyebaran covid 19. KTN ini juga mampu mengelola situasi dan dapat berperan terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid 19.

"Kampung Tangguh Nusantara Balla Ewako Desa Samataring ini terwujud atas kerjasama Tiga Pilar Kamtibmas Kepala Desa Samataring H.Subardi Ta'le, Bhabinkamtibmas Bripka Sudarsono dan Babinsa Serda Hamzah) dibantu oleh perangkat dan para Aparat Desa, Petugas Medis Satgas Covid Desa dan para Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda," tutup Syahrul.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Samsul Lallo
#Polres Jeneponto #Polda Sulsel