Kamis, 27 Mei 2021 09:02

Ternyata Berbahaya, Ini Alasan Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Tak Boleh Dipajang di Medsos

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ternyata Berbahaya, Ini Alasan Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Tak Boleh Dipajang di Medsos

Sertifikat vaksin ternyata berisi beberapa data penting yang rawan disalahgunakan.

RAKYATKU.COM -- Banyak orang yang menampilkan sertifikat vaksinasi Covid-19 di media sosial. Ternyata ada bahaya di baliknya.

Di India, pemerintah mengeluarkan peringatan agar warga yang telah menjalani vaksinasi, tidak membagikan sertifikat mereka di media sosial.

Sertifikat vaksinasi ternyata bisa disalahgunakan oleh penipu dunia maya. Terutama sertifikat vaksinasi dosis pertama.

Baca Juga : PPKM Dicabut, Dinkes Sulsel Minta Masyarakat Tetap Vaksinasi Covid-19

Orang-orang tidak sadar bahwa mereka telah memposting sertifikat yang berisi beberapa data penting yang tidak boleh dipublikasikan.

"Hati-hati membagikan sertifikat #vaksinasi di media sosial karena sertifikat vaksin berisi nama Anda dan detail pribadi lainnya," cuit Kementerian Dalam Negeri melalui akun Cyber Dost di Twitter.

Tweet tersebut lebih lanjut menyoroti bahwa sertifikat vaksinasi tidak boleh dibagikan di media sosial karena dapat disalahgunakan oleh penipu dunia maya untuk menipu Anda.

Baca Juga : Presiden Jokowi Vaksinasi Booster Pakai IndoVac, Menkes Budi: Sangat Ampuh

Saat Anda mendapatkan dosis pertama vaksinasi Covid-19, pemerintah mengeluarkan sertifikat yang menyebutkan nama vaksin yang Anda terima, bersama dengan waktu dan tanggal menerima vaksinasi.

Sertifikat tersebut juga mencantumkan nama pusat vaksinasi dan empat digit terakhir dari kartu Aadhaar Anda. Selain itu, sertifikat juga menyebutkan tanggal dosis kedua Anda.

Namun, sertifikat yang Anda terima setelah dosis pertama Anda hanyalah sertifikat sementara, Anda akan menerima sertifikat akhir setelah Anda mendapatkan vaksinasi penuh.

Baca Juga : Pakai IndoVac, Presiden Jokowi Resmi Vaksin Covid-19 Dosis Keempat

Sertifikat vaksinasi akan menjadi sama pentingnya dengan kartu Aadhar Anda dalam waktu dekat saat Anda menggunakannya saat bepergian ke negara lain, kota-kota seperti ketika situasi Covid mereda di India.

Anda akan mendapatkan tautan untuk mengunduh sertifikat Anda sebagai SMS di nomor ponsel terdaftar Anda segera setelah Anda meminum dosis pertama Anda.

Anda juga dapat masuk ke portal Cowin untuk mengunduh sertifikat Anda. Anda juga bisa mendapatkannya dari aplikasi Aarogya Setu menggunakan ID penerima Anda.

#vaksinasi covid-19