Rabu, 26 Mei 2021 20:47

Gantikan AGH Sanusi Baco, Prof KH Najamuddin: Jangan Paksa Saya Kalau Melawan Aturan

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gantikan AGH Sanusi Baco, Prof KH Najamuddin: Jangan Paksa Saya Kalau Melawan Aturan

Prof KH Najamuddin Abd Safa menerima tugas menggantikan AGH Sanusi Baco sebagai tanggung jawabnya sebagai murid.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR -- Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel punya ketua baru. Prof Dr KH Najamuddin Abd Safa MA ditunjuk menggantikan AGH Sanusi Baco Lc sebagai rais syuriah.

Penunjukan Prof Najamuddin dilakukan dalam rapat pengurus harian di Rumah Makan Ulu Juku, Selasa(25/5/2021). Dihadiri wakil rais, khatib, dan wakil khatib.

Wakil rais syuriah, KH Kaswad Sartono memberikan pertimbangan secara tertulis. Menurut dia, ketika rais syuriah berhalangan tetap, sebaiknya diqiyaskan pada saat pemilihan rais aam PBNU. Wakil rais aam yang ada di bawahnya. Maka, kata dia, Prof KH Najamuddin pas untuk menempati jabatan rais syuriah.

Baca Juga : Silaturahmi ke MUI Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin Ajak Ulama Bersama Jaga Keutuhan Bangsa

Wakil Rais Syuriah Dr Andi Aderus memberikan masukan, rais syuriah adalah pemersatu. Sebaiknya tidak merangkap jabatan. "Sebaiknya beliau independen dan secara kealiman ilmu sangat mendukung," ujar akademisi UIN Alauddin ini.

Prof Kadir Ahmad menambahkan, rais syuriah adalah koordinator. Makanya, selepas AGH Sanusi Baco Lc perlu dilakukan transformasi syuriah bahwa kepakaran dan keilmuan ulama itu berbagai macam.

"Untuk itu syuriah ke depan membagi rata peran keulamaan," harap peneliti utama Litbang Kemenag Makassar itu.

Baca Juga : Lantik Pengurus MUI Wajo, Ketua MUI Sulsel: Pererat Ukhwah Islamiyah dan Kerukunan Antar Umat Beragama

Wakil Rais Syuriah, KH Andi Abdul Hamzah mengungkapkan, "Gerakan dakwah ulama NU yang tergabung di syuriah perlu digiatkan kembali. Perlu kembali diintensifkan kajian Bahtsul Masail untuk menjawab permasalahan umat dewasa ini."

Setelah diminta kesediaannya sebagai rais syuriah PWNU Sulsel, Prof Dr KH Najamuddin mengungkapkan, "Banyak yang menanyakan ke saya terkait pengganti rais syuriah, saya hanya memberikan jawaban sesuai mekanisme dan aturan yang ada. Jangan paksa saya jika berlawanan dengan aturan dan mekanisme yang ada."

"Tentunya amanah ini cukup berat. Apa masukan yang lahir dari pertemuan ini saya akan melaksanakan kepemimpinan yang kolektif di syuriah," kata KH Najamuddin.

Baca Juga : Kakanwil Kemenag Sulsel Usulkan Almarhum AGH Sanusi Baco Sebagai Bapak Moderasi Beragama

Syeikhul Ma'had Pesantren An Nahdlah Makassar ini mengungkapkan, ke depan perlu kembali diaktifkan forum Bahtsul Masail sebagai forum untuk mengkaji secara mendalam dan memberikan jawaban persoalan-persoalan keumatan dewasa hari ini.

"Saya terpilih ini kecelakaan, karena telanjur masuk di jajaran syuriah. Karena ini amanah alim ulama yang hadir, insya Allah saya akan lanjutkan amanah Anregurutta KH Muh Sanusi Baco sebagai tanggung jawab saya sebagai seorang murid dan kita yang hadir di sini adalah murid-murid gurutta," tuturnya.

Penulis : Usman Pala
#rais syuriah NU Sulsel #AGH Sanusi Baco #Prof Dr KH Najamuddin Abd Safa MA