Jumat, 25 Juni 2021 11:00

Kakanwil Kemenag Sulsel Usulkan Almarhum AGH Sanusi Baco Sebagai Bapak Moderasi Beragama

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
 Kakanwil Kemenag Sulsel Usulkan Almarhum AGH Sanusi Baco Sebagai Bapak Moderasi Beragama

Atas sikap keteladanan yang telah diberikan kepada umat dan masyarakat, maka Khaeroni mengusulkan almarhum AGH Sanusi Baco sebagai Bapak Moderasi Beragama

RAKYATKU.COM, MAROS - Kakanwil Kemenag Sulsel, Khaeroni mengusulkan almarhum AGH sanusi baco" href="https://rakyatku.com/tag/agh-sanusi-baco">AGH Sanusi Baco menjadi Bapak Moderasi Beragama.

Hal itu disampaikan Khaeroni, dalam kegiatan mengenang 40 hari wafatnya AGH Muhammad Sanusi Baco di Masjid Rabiatul Adawiyah Pondok, Pesantren Nahdlatul Ulum, Soreang, Kabupaten Maros, Kamis (24/6/2021).

Hadir langsung dalam acara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Khaeroni beserta seluruh jajaran, termasuk para kepala kantor Kemenag kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan, Bupati Maros, Ketua MUI Kabupaten Maros, Pengurus Wilayah NU Sulsel, pihak keluarga, jajaran pengurus pondok pesantren dan para undangan.

Baca Juga : 13 Jemaah Haji Embarkasi Makassar Meninggal di Arab Saudi, Ini Daftar Lengkapnya

Sedangkan hadir virtual dan via zoom, Rais Aam Syuriah PBNU KH Miftachul Akhyar, Direktur Nasional Gusdurian Network Indonesia (GNI) Alissa Wakhid, Rektor Universitas Sulawesi Tenggara, Prof. Andi Bahrun.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Prov Sulsel Khaeroni mengungkapkan bahwa keluarga besar Kementerian Agama RI bukan hanya Sulsel merasa sangat kehilangan atas wafatnya almarhum, Agh Sanusi Baco

Menurut Khaeroni, almarhum merupakan guru bagi insan Kemenag karena setiap kegiatan secara kelembagaan selalu melibatkan almarhum sebagai narasumber kegiatan.

Baca Juga : Jemaah Haji Kloter Perdana Gelombang Kedua Embarkasi Makassar Berangkat Pakai Ihram

“Saya kenal baik dengan Agh Sanusi Baco. Almarhum adalah guru kami di Kemenag. Selama hidup, yang saya saksikan adalah beliau merupakan suri tauladan yang baik bagi kita. Beliau tidak pernah menyakiti orang lain. Saya saksikan, bahwa tidak pernah ada gestur almarhum yang menunjukkan sikap menyakiti orang lain, meskipun kepada mereka yang berbeda dengan beliau,”kata Khaeroni.

"Wawasan keilmuan, keagamaan, sikap dan keteladanan yang diperlihatkan oleh Anregurutta, membuat semua kalangan bisa menerima Almarhum, baik yang beda organisasi maupun yang beda agama sekalipun, disinilah keistimewaan sekaligus karomah yang dimiliki oleh Anregurutta,"sambung Khaeroni.

Atas sikap keteladanan yang telah diberikan kepada umat dan masyarakat, maka Khaeroni mengusulkan almarhum sebagai Bapak Moderasi Beragama, yang diucapkan dua kali sebagai penegasan komitmennya.

Baca Juga : 20 Tahun Nantikan Anak, Calon Jemaah Haji Asal Bone Batal Berangkat karena Hamil

“Kami mengusulkan beliau Agh Muhammad Sanusi Baco sebagai Bapak Moderasi Beragama, setidaknya di Sulsel. Saya mengusulkan beliau menjadi Bapak Moderasi Baragama,”ucapnya.

Diakhir sambutannya, Khaeroni mengucapkan terima kasih kepada Agh Sanusi Baco atas segala ilmu dan keteladanan baik kepada seluruh insan Kemenag maupun atas sumbangsih almarhum membimbing dan melayani umat dalam membangun kehidupan beragama di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan.

Kegiatan mengenang 40 hari wafatnya Agh Sanusi Baco ini diakhiri dengan doa dari Ketua MUI Kabupaten Maros, KH Syamsul Khalik.

Penulis : Usman Pala
#Kemenag Sulsel #AGH Sanusi Baco