Selasa, 25 Mei 2021 16:04

Tren Tahunan, Pelindo IV Catat Arus Peti Kemas Meningkat Sebelum Ramadan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: PT Pelindo IV (Persero)
Foto: PT Pelindo IV (Persero)

Pengiriman logistik akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan puasa.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) mencatat total arus bongkar muat peti kemas mengalami peningkatan sebesar 0,14 persen pada Maret 2021 dibandingkan dengan bulan sebelumnya atau Februari tahun ini.

Namun, pada April 2021 yang bertepatan dengan Ramadan 1442 Hijriah, kondisi arus bongkar muat peti kemas Pelindo IV mengalami penurunan sebesar 0,049 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto, mengatakan hal tersebut merupakan kondisi yang selalu terjadi menjelang Ramadan. Pengiriman logistik akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan puasa.

Baca Juga : Sukriansyah S. Latief Stafsus Wapres Ma’ruf Amin Jadi Komisaris Pelindo IV

“Kondisi itu adalah tren yang biasa terjadi setiap tahun menjelang Ramadan. Yakni sebulan sebelum puasa arus bongkar muat barang pasti mengalami peningkatan dan akan menurun di akhir bulan puasa,” kata Dwi, Selasa (25/5/2021).

Dia menyebutkan, pada Februari 2021 total arus bongkar muat peti kemas Pelindo IV mencapai 173.254 TEUs. Jumlah itu mengalami peningkatan di bulan berikutnya menjadi 197.553 TEUs dan menurun sebesar 0,049 persen pada April lalu menjadi 187.676 TEUs.

Sementara itu, GM Pelindo IV Cabang Makassar New Port (MNP), Edy Djoni M. Nursewan, menuturkan bahwa sebulan jelang Ramadan atau pada Maret 2021, arus bongkar muat di pelabuhan baru Makassar mencapai 15.614 TEUs.

Baca Juga : Momentum HUT Kemerdekaan, Pelindo Gelar Beragam Lomba dengan Hadiah Ratusan Juta

“Angka itu meningkat sebesar 0,06 persen jika dibandingkan dengan jumlah total arus bongkar muat di MNP yang mencapai 14.662 TEUs pada bulan sebelumnya atau Februari lalu,” ujarnya.

Namun, lanjut Edy, jika dibandingkan dengan arus peti kemas pada Ramadan atau April 2021, jumlahnya menurun sebesar 0,11 persen atau menjadi 14.001 TEUs jika dibandingkan dengan kondisi pada bulan sebelumnya.

“Hal itu juga terjadi pada situasi yang sama di tahun lalu. Di mana sebulan sebelum puasa, arus peti kemas di MNP juga mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya dan kemudian menurun pada bulan Ramadan,” bebernya.

Baca Juga : Kunjungan Kapal Triwulan I 2021 Pelindo IV Meningkat 7,23 Persen

Meski begitu, dari segi call kapal, sambung Edy, pada Ramadan lalu jumlah kunjungan kapal yang memuat peti kemas berada di angka 36. Jumlah itu hanya beda 1 call kapal jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya atau Maret 2021 yang mencapai 37 call kapal.

#PT Pelindo IV Persero