Senin, 24 Mei 2021 15:53

Halalbihalal 1 Dekade Union, Kepala Ponpes DDI Mangkoso Bahas Makna Alhamdulillah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Temu kangen bertajuk Satu Dekade re-Union Uni Angkatan 2011 Pontren DDI Mangkoso (Union).
Temu kangen bertajuk Satu Dekade re-Union Uni Angkatan 2011 Pontren DDI Mangkoso (Union).

Kalimat alhamdulillah merupakan wujud rasa syukur atau pengakuan sebagai seorang hamba atas nikmat Allah Swt. serta segala karunia-Nya.

RAKYATKU.COM, BARRU - Kepala Madrasah I'dadiyah Ponpes DDI Mangkoso, Muhammad Agus, tampil membawakan hikmah halalbihalal dalam acara temu kangen bertajuk Satu Dekade re-Union Uni Angkatan 2011 Pontren DDI Mangkoso (Union).

Halalbihalal diselenggarakan di Pantai Seruni Lojie, Kecamatan Mallusettasi, Kabupaten Barru, Minggu (23/05/2021).

Dalam ceramahnya, Muhammad Agus membahas tentang kalimat "Alhamdulillah". Menurutnya, kalimat alhamdulillah merupakan wujud rasa syukur atau pengakuan sebagai seorang hamba atas nikmat Allah Swt. serta segala karunia-Nya.

Baca Juga : Jusuf Kalla Harap Santri Ponpes DDI Mangkoso Maju dengan Perkembangan Teknologi

"Kalimat alhamdulillah kedengarannya sangat singkat, akan tetapi memiliki makna yang sangat dalam. Di antaranya kata Ulama, alhamdulillah adalah kalimat yang diucapkan untuk mensyukuri segala nikmat Allah Swt. dan di situlah letak keberkahan atas apa yang kita miliki," kata Muhammad Agus.

Bahkan, dalam suasana halalbihalal, lafal alhamdulillah, kata dia, mesti diucapkan sebanyak-banyaknya. Sebab, atas nikmat-Nya, acara berjalan dengan baik serta bisa berkumpul bersama.

Selain itu, menantu pimpinan Pontren DDI Mangkoso juga menyebutkan terselenggaranya acara halalbihalal sebagai salah satu bentuk kecintaan alumni terhadap DDI Mangkoso.

Baca Juga : Milad Ke-84, DDI Mangkoso Jalin Kerja Sama dengan Dua Pesantren di Jawa

Oleh karenanya, Muhammad Agus menitipkan pesan agar para alumni khususnya yang tergabung di Union dapat menjalankan hidup sesuai karakter DDI.

"Kecintaan kita kepada DDI tidak cukup dengan ucapan cinta atau pelaksanaan halalbihalal, tapi dibuktikan dengan menghidupkan karakter DDI dalam mewarnai kehidupan. Menghiasi diri dengan budi pekerti, baik akhlak, serta beriman dan berilmu," imbuhnya.

Pada akhir kegiatan, pengurus organisasi Uni Angkatan 2011 Pontren DDI Mangkoso dikukuhkan secara resmi.

Penulis : Achmad Afandy
#Ponpes DDI Mangkoso