Selasa, 18 Mei 2021 18:37

Bupati Maros Siapkan 5 Destinasi Andalan Baru, Jajaki Kerja Sama dengan AMSI Sulsel untuk Publikasi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Maros Siapkan 5 Destinasi Andalan Baru, Jajaki Kerja Sama dengan AMSI Sulsel untuk Publikasi

Lima destinasi baru yang jadi prioritas Pemkab Maros diluar tiga objek wisata yang sudah sangat terkenal yakni Rammang-Rammang, Bantimurung, dan Leang-Leang.

RAKYATKU.COM,MAROS - Pariwisata menjadi salah sektor tumpuan Pemkab Maros membangkitkan ekonomi di tengah pandemi. Bupati Maros, Chaidir Syam membeberkan bahwa tahun ini pemkab akan merilis lima destinasi prioritas.

"Itu di luar Rammang-rammang, Bantimurung, dan Leang-Leang. Kalau Kementerian Pariwisata punya lima destinasi prioritas, kita juga akan meluncurkan di daerah," ujarnya saat menerima audiensi pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulsel dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel di Kantor Bupati Maros, Selasa (18/4/2021).

Lima destinasi tersebut masih digodok karena terbilang destinasi baru. Kata Chaidir, promosi yang sistematis dan masif sangat dibutuhkan. Di situlah peran besar media serta pihak-pihak terkait lainnya diharapkan.

Baca Juga : Pemkab Maros Raih Penghargaan Most Child Friendly Distric CNN Indonesia Awards

Ketua AMSI Sulsel, Herwin Bahar mengaku siap mendukung program Pemkab Maros tersebut. Member AMSI terdiri atas media-media yang memenuhi standar kualitas dan administrasi sehingga akan kompeten untuk turut memperkenalkan destinasi daerah.

"Informasi mengenai destinasi prioritas perlu disiarkan oleh media-media terpercaya," tuturnya.

AMSI sendiri, kata Herwin, adalah salah satu organisasi perusahaan pers yang menjadi konstituen Dewan Pers.

Baca Juga : Bupati Maros Imbau Pemilik Kedai Tutup Siang Hari Selama Ramadan

Apalagi, lanjut Herwin, jika promosi destinasi pariwisata disokong oleh lembaga resmi seperti BPPD. "Teman-teman media juga akan terbantu untuk mengumpulkan bahan-bahan publikasi," imbuhnya.

Sekretaris BPPD Sulsel, Hendra Nick Arthur mendorong pembentukan BPPD Kabupaten Maros.

"Sudah saatnya. Maros ini surga pariwisata. Destinasi andalan ada di sini. Maros juga adalah pintu masuk Sulsel," ucap Hendra yang mewakili unsur media di BPPD Sulsel.

Baca Juga : Bupati Maros Buka Bazar Murah Ramadan dan Festival UMKM Perseroda

Hendra yang juga menjabat sebagai sekretaris AMSI Sulsel membeberkan bahwa saat ini pihaknya terus menjalin komunikasi dengan Pemkab Maros serta stakeholder pariwisata di Maros untuk pembentukan BPPD Maros.

Bupati Chaidir pun memberi respons positif. Dia meminta pembentukan BPPD kabupaten segera dilakukan agar promosi pariwisata bisa semakin gencar.

Selain lima destinasi baru, tiga destinasi unggulan Maros selama ini yakni Rammang-Rammang, Bantimurung, dan Leang-Leang tetap akan digenjot promosinya. Terlebih ketiganya masuk kawasan Geopark Maros-Pangkep yang sedang proses asesmen menjadi Unesco Global Geopark.

Baca Juga : Bupati Maros Dianugerahi Penghargaan Dari Komisi ASN Atas Pengisian JPT 2023

Tahun ini Unesco akan melakukan asesmen atau penilaian terhadap hutan karst yang membentang dari Maros hingga Pangkep.

#AMSI Sulsel #pemkab maros