Selasa, 18 Mei 2021 15:24

Ribuan Orang Hadiri Takziah Malam Pertama Almarhum AGH Sanusi Baco

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ribuan Orang Hadiri Takziah Malam Pertama Almarhum AGH Sanusi Baco

Ribuan orang menghadiri tausiah malam pertama atas wafatnya Anregurutta H Sanusi Baco di Jalan Kelapa 3 Makassar, Senin (17/5/2021).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ribuan orang menghadiri takziah malam pertama atas wafatnya Anregurutta H Sanusi Baco di Jalan Kelapa 3 Makassar, Senin (17/5/2021).

Takziah malam pertama ini dihadiri Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan hadir secara langsung Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni.

Selain itu hadir juga Rektor UIN Alauddin Prof Dr Hamdan Juhannnis, Sekertaris MUI Sulsel yang juga Direktur Pascasarjana UIN Prof Muhammad Ghalib, Pimpinan Perguruan Tinggi UIM, Ketua PWNU Sulsel Hamzah Harun Al Rasyid, Ketua PCNU Kota Makassar Kaswad Sartono dan Ketua GP Ansor Sulsel Rusdi Idrus.

Baca Juga : Kakanwil Kemenag Sulsel Usulkan Almarhum AGH Sanusi Baco Sebagai Bapak Moderasi Beragama

Dan yang membawakan ceramah takziah yakni AG Prof Dr KH Farid Wajdi Pimpinan Pondok Pesantren DDI Mangkoso.

Dalam takziahnya, AGH Farid Wajedi menyampaikan bagaimana bahwasannya senjata orang yang beriman dalam menghadapi ujian atau musibah adalah bersabar dan bersyukur.

"Kita sekarang ini mendapatkan kondisi situasi berkabung yang luar biasa perasaan hati kita, tetapi sebagai orang yang beriman kita buktikan ini senjata yang kita warisi dari Rasullulah Saw, yang mana apabila ditimpa sesuatu yang menyenangkan atau mengembirakan orang beriman itu cerdas untuk bersyukur, lalu kebalikannya apabila ditimpa hal hal yang menyusahkan iya keluarkan senjata yang namanya kesabaran," kata AGH Farid Wajedi.

Baca Juga : Gantikan AGH Sanusi Baco, Prof KH Najamuddin: Jangan Paksa Saya Kalau Melawan Aturan

Menurut AGH Farid Wajedi yang membuat sabar orang beriman adalah karena kita semua ini adalah ciptaan Allah dan manakala kita ciptaannya maka kita ini miliknya dan manakala kita miliknya maka dia berhak menentukan takdir kita apa saja dan maka kita harus bersedia secara iklhas menerima takdir itu.

"Seperti sekarang ini kita ditempa musibah kita terima dengan ikhlas sebagai ketentuan Tuhan dalam hal ini menerima dengan kesabaran itu kita akan mendapatkan pahala yang sangat besar, " ujarnya.

Diketahui AGH Sanusi Baco meninggal dunia hari Sabtu (15/5/2021) di rumah Sakit Primaya Hospital Makassar dan di makamkan dikampung halamannya di desa Talawe Kecamatan Bonto, Kabupaten Maros, Minggu (16/5/2021).

Penulis : Usman Pala
#AGH Sanusi Baco