Minggu, 16 Mei 2021 16:04

Anregurutta Sanusi Baco Sanusi Baco Meninggal, Cicu: Teladan dan Guru Bersama Kita Semua

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Andi Rachmatika Dewi.
Andi Rachmatika Dewi.

Cicu, sapaan akrab Andi Rachmatika Dewi, sangat salut dengan semangat pengbdian untuk kemaslahatan umat yang selama ini ditunjukkan oleh Anregurutta Sanusi Baco.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua DPD Partai NasDem Makassar, Andi Rachmatika Dewi, merasa kehilangan sosok ulama yang selama ini dekat dengan umat, Anregurutta Sanusi Baco.

Bagi Cicu, sapaan akrab Andi Rachmatika Dewi, Sanusi Baco merupakan panutan, pemersatu yang bijaksana, dan ulama kharismatik.

“Gurutta adalah teladan dan guru kita bersama selama ini. Kita kehilangan ulama yang bijaksana, pemersatu, dan selalu tampil dengan kesantunan dalam menebarkan nilai-nilai keagamaan,” kata Cicu yang juga anggota DPRD Sulsel, Minggu (16/5/2021).

Baca Juga : Warga Kecamatan Rappocini Keluhkan Infrastruktur Jalan ke Ketua Komisi D DPRD Sulsel

Cicu juga sangat salut dengan semangat pengabdian untuk kemaslahatan umat yang selama ini ditunjukkan oleh Sanusi Baco. Hingga di akhir hayatnya, dia masih dipercaya menjadi ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel.

“Semasa hidup Gurutta sangat jarang kita dengar ada hal-hal kontroversi dari beliau. Justru tampil menyejukkan dan dekat dengan umara maupun umat. Pesan-pesan beliau selalu diterima atau didengarkan,” tambah Cicu.

Tak heran, lanjut dia, banyak pikiran dan masukannya dijadikan pijakan dan referensi tersendiri bagi pemimpin di Sulsel, maupun di tingkat nasional untuk mengambil kebijakan. Terutama soal keberagaman dan kerukunan umat beragama.

Baca Juga : RDP di DPRD Sulsel, Pemkab Lutim Sebut Tak Ada Alasan Menolak Izin PT PDS

Selain itu, Sanusi Baco bukan hanya dikenal sebagai ulama kharismatik di Sulsel, tapi juga di tingkat nasional. Pada berbagai kesempatan, beberapa pejabat atau tokoh nasional, selalu meluangkan waktu menemuinya jika berkunjung ke Sulsel.

“Bukan hanya Sulsel yang kehilangan. Tapi, bangsa Indonesia ikut berduka atas kepergian Gurutta. Beliau adalah salah satu guru bangsa. Sekali lagi, mari kita doakan Gurutta semoga husnul khatimah,” ucap Cicu.

#Andi Rachmatika Dewi #AGH Sanusi Baco