Jumat, 07 Mei 2021 21:53

Parepare Daerah Tertinggi Pendataan Keluarga Tercepat dan Valid

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dr Hj Halwatia
Dr Hj Halwatia

Dari hasil pendataan di Parepare, data valid terhadap target sudah 79,70 persen atau yang tertinggi se-Sulsel.

RAKYATKU.COM,PAREPARE -- Kota Parepare menjadi daerah tertinggi di Sulawesi Selatan dalam pendataan keluarga 2021.

Berdasarkan monitoring hasil data dan penginputan pendataan keluarga tingkat Sulsel, hingga 6 Mei 2021, menunjukkan Parepare berada di posisi teratas tercepat dari 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Parepare sudah mencapai 79,70 persen dari target dan semua data valid. Hal ini diungkap Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Parepare, Dr Hj Halwatia, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga : Parepare Kembali Zero Covid-19, Taufan Pawe Ingatkan Warga Jangan Lengah

“Jadi di Parepare itu ada 37.530 keluarga yang menjadi target didata. Dan yang sudah didata per tanggal 6 Mei 2021 sebanyak 29.912 keluarga. Alhamdulillah semua valid,” ungkap Halwatia.

Halwatia mengemukakan, dari hasil pendataan di Parepare, valid terhadap target sudah 79,70 persen atau yang tertinggi se-Sulsel.

 

“Sisa 7.615 keluarga yang belum didata, dan ini sementara berlangsung. Rata-rata data yang masuk setiap hari 917 keluarga,” terang Halwatia.

Baca Juga : Ucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila, Erna Rasyid Taufan: Momentum Introspeksi dan Aktualisasikan Diri

Kepala Seksi Pengendalian Penduduk Pengelolaan Data dan Informasi Keluarga Dinas PPKB Parepare, Maemunah SP menambahkan, bahwa sasaran pendataan ini adalah keluarga.

Sponsored by MGID

“Keluarga itu terdiri atas dua. Pertama keluarga inti terdiri dari bapak ibu, bapak ibu anak, bapak anak, ibu anak, sepanjang anaknya belum menikah. Kalau anak sudah menikah berarti dia sudah bentuk keluarga sendiri,” jelas Muna, sapaan akrabnya.

Yang kedua, kata Muna, adalah keluarga lainnya yaitu nenek dengan cucu tapi cucunya sudah tidak punya orang tua lagi.

Baca Juga : Hadiri Rakor Apeksi, Taufan Pawe Tekankan Penguatan Eksistensi APIP

Muna juga menjelaskan, data yang diinput di server hasilnya ada tiga. Yakni pertama, data valid artinya data sudah benar. Kedua, data tidak valid artinya data yang belum sempurna sesuai pertanyaan. Dan ketiga, data anomali artinya data yang tidak benar.

“Alhamdulillah data yang kami input semua dianggap valid menurut aplikasi,” tandas Muna.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Hasrul Nawir
#Pendataan Keluarga #parepare