Rabu, 05 Mei 2021 16:38

Menggembirakan, Kepala BPS Sebut Sektor Pertanian Konsisten Tumbuh Positif

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menggembirakan, Kepala BPS Sebut Sektor Pertanian Konsisten Tumbuh Positif

Selama pandemi Covid-19 tahun 2020, sektor pertanian merupakan satu di antara tujuh sektor yang terus tumbuh positif selama tahun 2020.

RAKYATKU.COM - Sektor pertanian pada triwulan pertama tahun 2021 kembali mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 2,95 persen. Capaian ini menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto sangat menggembirakan, pasalnya 30 persen dari tenaga kerja Indonesia bekerja di sektor tersebut.

Menurutnya, selama pandemi Covid-19 tahun 2020, sektor pertanian merupakan satu di antara tujuh sektor yang terus tumbuh positif selama tahun 2020. Bahkan pertumbuhan itu hampir terjadi pada semua subsektor.

“Subsektor tanaman pangan pada triwulan ke-1 tumbuh 10,32 persen, dua dijit,” katanya.

Baca Juga : Survei Terbaru Calon Gubernur Sulsel: Menteri Pertanian, Kabaharkam, Waketum Golkar Hingga Bupati Gowa Teratas

Selanjutnya Suharyanto mengatakan faktor cuaca dan pergeseran musim panen raya padi menjadi faktor yang menyebabkan pertumbuhan tersebut.

“Panen raya terjadi puncaknya di bulan April pada tahun ini bergeser bulan Maret hingga masuk ke pada triwulan 1. Jadi pertumbuhan produksi padi pada waktu ini memang sangat menggembirakan,” ujarnya.

Bukan hanya subsektor tanaman pangan, hortikultura juga tumbuh 3,02 persen. Hal ini juga didukung karena faktor cuaca yang lebih kondusif dibandingkan tahun lalu sehingga mendorong peningkatan produksi buah dan sayur.

Baca Juga : Panen Jagung di Lokasi Food Estate Gunung Mas Memuaskan

Lebih lanjut, Suhariyanto menjelaskan bahwa pada subsektor peternakan, tingginya permintaan domestik terutama untuk produksi ayam dan telur serta adanya optimalisasi produksi juga menyebabkan peternakan tumbuh 2,48 persen.

Sementara itu, subsektor perkebunan tumbuh 2,17 persen. Pertumbuhan pada subsektor ini menurutnya ditopang adanya program Rencana Aksi Nasional Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAN-KSB) dan peningkatan harga sawit.

Baca Juga : Pupuk Indonesia Dukung Sulsel Menuju Swasembada Pangan 2024. Mentan: Manfaatkan Lahan Rawa

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyambut baik atas capaian positif tersebut.

Menurutnya, itu semua merupakan buah dari kerja keras dan kerja sama semua pihak untuk terus memberikan kinerja terbaiknya.

“Alhamdulillah, ini adalah potret bagaimana sektor pertanian terus memberikan upaya dan kinerja terbaiknya bagi negara. Struktur sektor pertanian tetap bergerak tak kenal waktu ditengah pandemi, dan membuktikan tahan hantaman krisis. Kita terus bekerja untuk pangan rakyat,” kata Mentan.

#kementan