Sabtu, 01 Mei 2021 20:20

Guru Besar IPB: Teknologi Pertanian Indonesia Semakin Maju

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Guru Besar IPB: Teknologi Pertanian Indonesia Semakin Maju

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam beberapa kesempatan mengatakan bahwa perkembangan modernisasi pertanian saat ini terus dilakukan secara merata di seluruh pelosok Indonesia.

RAKYATKU.COM - Guru Besar Ilmu Ekonomi IPB, Profesor Muhammad Firdaus mengatakan bahwa teknologi pertanian Indonesia saat ini terus mengalami perkembangan yang jauh lebih baik.

Sistem tersebut bahkan bisa dilihat melalui ruang data agriculture war room (AWR) yang kini sudah dikendalikan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mempercepat arus informasi teknologi budi daya, masa tanam dan panen, monitoring pasar, sistem produksi dan lain sebagainya.

"Saya kira di Indonesia itu teknologinya sudah semakin maju, bahkan di Kementan sendiri sudah sangat progres. Ini kan sangat luar biasa sekali," kata Firdaus dalam ngobrol online, Jumat (30/4/2021).

Baca Juga : Kementan Dukung Penuh Urban Farming Kota Solo

Di sisi lain, pemerintah juga sudah mempersiapkan sistem produksi padi dengan sangat baik, yakni dengan menghadirkan bibit unggul dan sitem pengendalian hama. Kedua sistem itu bisa dilihat dalam program food estate yang kini menunjukan perkembangan dan kemajuan.

"Saya melihat program pemerintah sudah semakin maju. Tentu bisa kita lihat pada perkembangan food estate di tiga Provinsi. Semuanya bisa dikatakan sebagai program yang sangat baik," katanya.

 

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam beberapa kesempatan mengatakan bahwa perkembangan modernisasi pertanian saat ini terus dilakukan secara merata di seluruh pelosok Indonesia.

Baca Juga : Berkunjung ke Serang, Mentan SYL Inspeksi Sawah Sekaligus Salurkan KUR Rp1 Miliar

"Karena itu, saya ingin kita sama-sama mengulas apa saja yang sudah kita lakukan untuk menarik generasi muda terjun ke pertanian. Kemudian Inovasi apa yang juga sudah kita terapkan di lapangan. Saya pikir pertanian Indonesia sejak beberapa tahun ini terus mengalami perkembangan yang jauh lebih baik," katanya.

Sponsored by MGID

Menurut Menteri SYL, mekanisasi perlu diterapkan untuk mengantisiapsi kemungkinan adanya penyusutan jumlah petani desa yang beralih profesi menjadi pekerja kota.

"Kementan sejak beberapa tahun terakhir telah mendistribusikan alsintan secara masif. Kami bersama pemerintah daerah juga langsung melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada para petani dalam penyaluran bantuan alsintan pertanian modern," tuturnya.

Sponsored by advertnative
 
#kementan