Kamis, 15 April 2021 12:57

Salah Satunya 21/12/12, Ini 6 Tanggal yang Pernah Diramal Sebagai Hari Kiamat

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Salah Satunya 21/12/12, Ini 6 Tanggal yang Pernah Diramal Sebagai Hari Kiamat

Ramalan kiamat paling terkenal adalah tanggal 21 Desember 2012 yang apabila ditulis menggunakan angka menjadi 21/12/12.

RAKYATKU.COM - Beberapa orang pernah mengklaim dirinya mengetahui kapan terjadinya hari kiamat. Berikut ini adalah tanggal-tanggal yang pernah diramalkan atau diprediksi sebagai hari kiamat.

1. 21 Mei 2011
Marie Exley, seorang veteran Angkatan Darat AS yang juga merupakan anggota gereja independen AS menyebarkan pesan kiamat melalui berbagai media, di antaranya siaran radio, papan reklame, bangku halte bus, hingga pamflet-pamflet yang disebarkan di seluruh penjuru kota bahwa kiamat akan datang pada tanggal 21 Mei 2011. Orang yang memprediksi terjadinya kiamat pada tanggal 21 Mei 2011 tersebut ialah Harold Camping, seorang pemimpin di salah satu pelayanan radio di California yang juga beranggotakan Marie Exley.

Harold Camping mempercayai bahwa injil memiliki perhitungan terhadap segala yang terjadi di bumi. Tanggal ini bukan yang pertama kalinya ia sebutkan sebagai hari penghakiman, ia pernah juga menyebutkan soal hari pembalasan yang jatuh pada tanggal 6 September 1994.

Baca Juga : Pesta Pernikahan Berubah Upacara Pemakaman, Wanita Ini Meninggal 6 Jam Setelah Meninggal

Namun di tanggal tersebut tidak pernah terjadi apa-apa. Ia memprediksikan bahwa tanggal 21 Mei 2011 adalah hari penebusan demi meraih kesempurnaan di surga. Ia meyakini bahwa perhitungan berdasarkan kode-kode yang terteradi injil dan bukan sekadar kebetulan. Sayangnya ia melupakan sesuatu bahwa di dalam injil pula disebutkan bahwa kiamat tak bisa diramalkan. Sama seperti prediksi sebelumnya, tanggal ini pun tidak pernah terjadi apa-apa.

2. 21 Oktober 2011
Kiamat tidak terjadi pada 21 Mei 2011, Harold Camping merevisi ramalannya. Ia berpendapat bahwa kiamat akan terjadi pada tanggal 21 Oktober 2011, tepat 5 bulan setelah tanggal yang diramalkan sebelumnya tidak pernah terbukti. Menurutnya semakin cepat kiamat datang semakin bagus untuk manusia, sebab tidak akan ada rasa sakit dan mereka akan mati dalam diam.

 

3. 21 Desember 2012
Ramalan kiamat paling terkenal adalah tanggal 21 Desember 2012 yang apabila ditulis menggunakan angka menjadi 21/12/12. Ramalan ini tidak hanya tersebar di Indonesia saja, tetapi ke seluruh penjuru dunia.

Baca Juga : Seorang Gay Dipenggal Oleh Saudaranya Sendiri karena Dianggap Permalukan Keluarga

Menurut beberapa sumber, ramalan kiamat ini dikemukakan oleh bangsa suku Maya. Akibat pemberitaan ini, masyarakat mulai khawatir dengan ramalan tersebut. Namun, NASA membantah beberapa kemungkinan yang dapat terjadi saat kiamat di tanggal 21 Desember 2012, misalnya saja tidak adanya peluang serangan meteor, perpecahan kutub, atau bahkan sengatan api matahari.

4. 22 Februari 2014
Selain suku Maya, bangsa Viking juga meramalkan hari kiamat akan jatuh pada tanggal 22 Februari 2014. Bangsa Viking menyebutkan bahwa akan ada orang jahat penghuni neraka yang mengacaukan dunia, akan terjadi tsunami, dewa-dewa akan mati, dan bumi akan terbelah menjadi dua. Namun sampai saat ini ramalan ini tidak terjadi.

5. 7 Oktober 2015
Kelompok sebuah kepercayaan di Pennsylania menyebutkan bahwa tanggal 7 Oktober 2015 akan menjadi hari berakhirnya dunia. Usut punya usut ternyata kelompok tersebut melandasi pemikirannya atas dasar peristiwa bulan darah dan gerhana bulan super (yang biasa kita sebut dengan super moon dan blood moon) yang terjadi 10 hari sebelum tanggal yang diramalkan kiamat tersebut, atau tepatnya 27 September 2015.

Baca Juga : Banyak Warga India Percaya Mandi Kotoran Sapi Bisa Kebal Covid-19

Pendiri kelompok tersebut menyebutkan bahwa 7 Oktober adalah hari di mana Tuhan bersabda dunia akan berakhir. Ramalan tersebut diakui mereka dengan perhitungan yang merujuk pada tanggal-tanggal yang diramalkan kiamat pada sebelumnya, salah satunya adalah ramalan Horald Camping yang sampai sekarang tidak terbukti kebenarannya.

6. 8 Mei 2020
Ramalan kiamat yang paling anyar adalah tanggal 8 Mei 2020. Menurut sebagian orang kiamat akan terjadi pada hari Jumat di pertengahan bulan suci Ramadan. Hal tersebut membuat kebanyakan orang mempercayai ramalan ini sebab 8 Mei 2020 memang jatuh pada hari Jumat dan tepat berada di pertengahan bulan Ramadhan, yaitu tanggal 15 Ramadhan.

Untuk sebagian orang, tanggal 8 Mei 2020 bukan merupakan hari kehancuran dunia, namun fenomena ad-Dukhan. Ad-Dukhan adalah sebuah kemunculan tanda-tanda datangnya hari kiamat. Fenomena ad-Dukhan atau kabut asap dipercaya terjadi pada tanggal ini.

Baca Juga : Bikin Video Menari untuk Media Sosial, Wanita Ini Tewas Jatuh dari Lantai 25 Apartemen

Beberapa informasi yang pernah beredar melalui media sosial menyebutkan bahwa pada tanggal ini akan ada tabrakan meteor dengan bumi. Isu ini membuat geger masyrakat dunia yang sedang dalam keadaan khawatir karena pandemi Virus Corona. Isu terjadinya tabrakan meteor memang dibenarkan oleh NASA, tetapi juga ditepis akan menimbulkan ledakan yang membahayakan, karena asteroid yang akan melintasi bumi berkategori aman dan tidak membahayakan.

#viral #Hari Kiamat