Rabu, 14 April 2021 19:09

Sandiaga Uno Sebut Taufan Pawe Wali Kota Inovatif, Dapat Tepuk Tangan dalam Rapat KolaborAksi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sandiaga Uno Sebut Taufan Pawe Wali Kota Inovatif, Dapat Tepuk Tangan dalam Rapat KolaborAksi

Sandiaga Uno sangat terkesan dengan sejumlah bangunan yang mengabadikan Presiden ketiga RI, BJ Habibie di Parepare.

RAKYATKU.COM,JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyebut Wali Kota Parepare Taufan Pawe sebagai kepala daerah inovatif pada bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal itu ia uangkapkan saat rapat kolaborAksi bersama tujuh kepala daerah di Sulsel yang berlangsung di Kantor Menparekraf, Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (14/4/2021).

"Wali Kota Parepare (Taufan Pawe) dan Wali Kota Makassar merupakan kepala-kepala daerah inovatif. Pendekatan inovasinya luar biasa untuk kemajuan daerah," kata Sandiaga Uno.

Baca Juga : Depan Airlangga, Taufan Pawe Tegaskan Golkar Sulsel All Out Menangkan Prabowo-Gibran

Untuk Kota Parepare, lanjut Sandiaga Uno, Taufan Pawe berhasil memajukan Parepare sebagai kota pariwisata dan ekonomi kreatif dengan menjadikan BJ Habibie dan Hasri Ainun sebagai inspirasi pembangunan kota. Tak hanya itu, festival budaya Parepare yakni Salo Karajae Parepare berhasil masuk agenda wisata nasional, 100 Calendar of Events (CoE) Wonderful Indonesia.

"Tidak hanya dari segi pelayanan publik, tapi juga dari segi mengemas produk-produk wisata ataupun peluang ekonomi kreatif sehingga bisa dikembangkan dengan baik. Luar bisa inovasinya," kata Sandiaga Uno.

Baca Juga : Sepak Terjang Advokat Taufan Pawe yang Kini Masuk Tim Hukum Prabowo-Gibran

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini menyebutkan, tren pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan akan lebih localize, customize, dan smaller in size. Namun hal tersebut harus ditopang dengan inovasi dan kreativitas. Sehingga dirinya akan mendukung kebijakan kepala daerah dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

"Jika sudah ada aspek inovasi. Sekarang aspek adaptasinya adalah terhadap penerapan protokol kesehatan yang tepat dan disiplin. Bapak-bapak adalah ketua satgas sehingga sangat mengerti bahwa ke depan pariwsiata dan ekonomi kreatif adalah solusi dari pemulihan ekonomi selain vaksinasi," jelasnya.

Sementara Wali Kota Parepare, Taufan Pawe dalam persentasenya memaparkan, Kota Parepare sebagai kota kecil yang memiliki tiga dimensi. Dimensi pesisir, dataran rendah, dan dataran tinggi. Meski demikian, Parepare memiliki kerakteristik tersendiri yang tidak dimiliki daerah lain yakni tempat kelahiran Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie.

Baca Juga : Berprestasi dan Bersih, DPP Golkar Tunjuk Taufan Pawe sebagai Bacalon Gubernur Sulsel

"Sehingga saya menjadikan BJ Habibie sebagai sumber inspirasi membangun Kota Parepare. Karena saya menyadari kota saya tidak memiliki sumber daya alam, hanya kota jasa dan niaga. Maka saya harus buat jasa kepariwisataan dan ekonomi kreatif dengan menggunakan teori telapak kaki," kata Taufan Pawe.

Kepala daerah berlatar belakang profesional hukum ini menambahkan, salah satu upayanya menghadirkan ribuan telapak kaki di Parepare yakni menghadirkan ikon-ikon BJ Habibie dan Ainun. Mulai Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun, Balai Ainun, Rumah Sakit Regional Hasri Ainun Habibie dengan konsep medical tourism, Museum Bj Habibie, hingga masjid terapung.

"Untuk menjawab visi misi saya menghadirkan Parepare sebagai kota industri tanpa cerobong asap itu ada tiga pilar. Pertama pilar kesehatan. Kedua, pendidikan yang insya Allah Institut Teknologi Habibie tahun ini sudah bisa menerima mahasiswa. Ketiga, pilar kepariwisataan yakni menghadirkan satu-satunya di dunia Museum BJ Habibie," pungkasnya.

Baca Juga : Taufan Pawe: Stadion GBH Parepare Akan Direnovasi, Ini Prestasi Bersama Suporter PSM

Di akhir rapat KolaborAksi tersebut, Taufan Pawe memberikan cendera mata kepada Sandiaga Uno berupa plakat, kain sutra, dan makanan khas oleh-oleh Parepare.

Sebelumnya, Sandiaga Uno mengaparesiasi dan berterima kasih kepada wali kota Parepare dua itu atas terciptanya Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun.

Baca Juga : Suporter PSM Kenang Perjuangan Taufan Pawe, GBH Akan Berstandar Internasional

"Nah ini. Di kota ini ada patung Pak Habibie dan Ibu Ainun. Inilah Kota Parepare. Terima kasih Pak Wali (Taufan Pawe) yang juga telah membangun monomen presiden ketiga kita," kata Sandiaga Uno disambut tepuk tangan peserta.

Rapat kolaborAksi bersama Menteri Pariwisata Sandiaga Uno ini untuk membahas pengembangan wisata di suatu daerah yang nantinya bakal menjadi program kerja sama pemerintah daerah dan Menparekraf untuk peningkatan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Dalam sesi presentasi, kepala daerah diberikan waktu lima menit untuk menyampaikan potensi wisatanya masing-masing. Diketahui, Taufan Pawe hadir didampingi Kadis Pariwisata Parepare Amarun Agung Hamka dan Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha.

#sandiaga uno #parepare #taufan pawe