Senin, 12 April 2021 23:03

Ramadan Nyaman, PLN Jamin Listrik Aman

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ramadan Nyaman, PLN Jamin Listrik Aman

PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat menjamin pasokan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2021 tetap aman.

RAKYATKU.COM - PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat menjamin pasokan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2021 tetap aman.

Kesiapan pasokan listrik telah didukung dengan Sistem kelistrikan di Sulawesi bagian Selatan, dengan total Daya Mampu mencapai 2.147 MW, Beban Puncak sebesar 1.474 MW serta memiliki reserve margin atau cadangan daya sebesar 672 MW.

General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid mengatakan seluruh Unit Induk Wilayah harus mendukung kesiapan serta kesiagaan dalam menjamin pasokan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2021 agar tetap andal.

Baca Juga : PLN UID Sulselrabar Siagakan 71 Posko Kelistrikan dan 2.150 Personel

“Kami pastikan pasokan listrik selama bulan Ramadhan hingga perayaan lebaran tetap aman," ujarnya.

Selain dari sistem kelistrikan, PLN UIW Sulselrabar telah menyiapkan beberapa SOP untuk kesiagaan dalam menjaga pasokan listrik andal selama selama Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2021, diantaranya menyiapkan posko siaga, Pemeliharaan sistem telekomunikasi selama 24 jam.

PLN UIW Sulselrabar sudah menyiapkan 215 posko yang tersedia di tempat-tempat ibadah beserta 2.766 personelnya di seluruh unit Sulselrabar, termasuk Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) untuk jaringan distribusi 20 kV yang terdiri dari Tim Sentuh Langsung dan Tim Metode Berjarak untuk mempercepat penanganan gangguan.

Baca Juga : Dirut PLN Raih Best CEO of Communications, PLN Jadi Best of The Best Communications dengan 12 Penghargaan dari Menteri BUMN di Ajang BCOMSS 2024

Tidak hanya itu, PLN UIW Sulselrabar juga menyiagakan 50 Unit Gardu Bergerak (UGB), 29 Uninterruptible Power Supply (UPS), 19 Unit Crane, 274 Unit mobil pelayanan, 144Unit Motor pelayanan dan 129 unit genset sebagai back up apabila terjadi gangguan.

PLN UIW Sulselrabar telah melakukan upaya pemeliharaan terpadu yang telah dilakukan yakni pemeliharaan jaringan distribusi 20 kV sebanyak 24.007 kms serta 3.150 Gardu Distribusi guna menjaga kontinyunitas penyaluran listrik ke pelanggan sepanjang Januari-Maret 2021

"Disetiap unit, Kami melakukan upaya pengecekan terpadu dan pelaporan monitoring setiap harinya pada sistem jaringan distribusi 20 kV, guna menjaga kontinyunitas penyaluran listrik ke masyarakat," tegasnya.

Baca Juga : PLN Berhasil Menerangi 80 Dusun di Sulawesi Barat, 594 Warga Kini Nikmati Listrik 24 Jam

Untuk mempercepat pengaduan pelanggan, PLN UIW Sulselrabar telah menghadirkan Command Center PLN guna menindaklanjuti penanganan gangguan atau keluhan pelanggan khususnya di Kota Makassar (diresmikan pada 26 Oktober 2020).

"Seluruh upaya ini, kami lakukan untuk menjaga kekhusyukan ibadah saat Ramadhan serta perayaan Idul Fitri 1442 H," tambahnya.

Selanjutnya, untuk kemudahan informasi penanganan gangguan dan keluhan kelistrikan silahkan menghubungi call center di telepon (kode area)+123, PLN Mobile, website www.pln.co.id, email pln123@pln.co.id, Facebook PLN 123, dan Twitter @PLN_123.

Penulis : Lisa Emilda
#pln #Ramadan 2021