Senin, 12 April 2021 11:02

Pantau Pasar Tradisional Jelang Ramadan, Plt Gubernur Sulsel: Pasokan Aman, Kenaikan Harga Wajar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, saat meninjau lapangan bahan pokok di pasar tradisional Pasar Terong Makassar.
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, saat meninjau lapangan bahan pokok di pasar tradisional Pasar Terong Makassar.

Beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga, tetapi ada pula yang menurun.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ramadan 1442 H tahun ini akan mulai dilaksanakan pada Selasa (13/4/2021) merujuk pada penetapan yang telah diputuskan oleh PP Muhammadiyah.

Sementara di Sulsel, Kantor Wilayah Kemenag Sulsel pada hari ini, Senin (12/4/2021), akan melakukan rukyat hilal untuk menentukan awal bulan Ramadan. Rukyat ini akan dilaksanakan di Roof top Mall GTC pada pukul 16.30 Wita.

Sebelum memasuki Ramadan, Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, melakukan peninjauan lapangan bahan pokok di pasar tradisional Pasar Terong Makassar.

Baca Juga : Sekprov Sulsel Salat Id di Rujab, Harap Pandemi Segera Berakhir

Tidak sendiri, dalam pemantauan harga bahan pokok tersebut ada pula Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar, Hilman Pujana, serta beberapa kepala OPD terkait Lingkup Pemprov Sulsel.

Andi Sudirman menanyakan harga bahan pangan mulai dari bawang, cabai, daging, ayam, minyak, beras, serta telur kepada para pedagang yang dilalui.

 

Masih dalam masa pandemi, Andi Sudirman beserta rombongan pun membagikan masker sebagai upaya agar para pedagang dapat menjaga diri untuk tidak tertular COVID-19 saat sedang berdagang. Bahkan Andi Sudirman sempat memborong jualan pedagang.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Bersyukur Bisa Salat Id di Tengah Pandemi, Khatib Berpesan Begini

"Sebelum masuk Ramadan, kita mengecek data ketersediaan pangan di pasar. Alhamdulillah, insyaallah pasokan pangan masih aman," kata Andi Sudirman.

Dari hasil kunjungan tersebut, Andi Sudirman menyebut beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga, tetapi ada pula yang menurun.

"Cabai sudah turun dari yang sebelumnya seharga Rp90-100 ribuan dan sekarang sudah Rp70 ribu per kilogram. Harga beras stabil. Harga minyak ada kenaikan seribu masih wajar. Daging Rp120 ribu masih normal. Harga ayam dan bawang juga normal. Yang naik ini harga telur, dari Rp38 ribu menjadi Rp43 ribu, naik Rp5 ribu," sambungnya.

Baca Juga : Doa PKK Sulsel untuk Palestina

Harga cabai pun menjadi perhatian khusus Andi Sudirman. Namun, akan terus dipantau. Ke depan harganya akan lebih murah lagi mengingat di beberapa daerah akan masuk musim panen.

Dia pun berharap, Satgas Pangan bisa membantu menjaga stok pangan di pasar menjelang Ramadan ini.

"Nanti Jeneponto akan panen. Insyaallah akan mulai turun lagi. Kita juga tidak ingin (harga) turun kencang, jangan sampai masalah di sistem rantai pasokan. Kita juga tidak bisa (menghambat penjualan) ketika luar Sulsel membutuhkan. Ini kan pasar kita tidak bisa menahan barang untuk keluar. Namun, bagaimana kita menjaga harga tidak melonjak naik, maka kita akan turun untuk intervensi operasi pasar. Apalagi saat ini sudah turun dengan harga Rp70 ribu," lanjutnya.

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #Harga Sembako #Ramadan 2021