Jumat, 09 April 2021 23:02

Wali Kota Parepare Dikukuhkan Jadi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Parepare Dikukuhkan Jadi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengaparesiasi adanya standardisasi pembayaran menggunakan metode QR Code atau Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dari Bank Indonesia.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Wali Kota Parepare Taufan Pawe dikukuhkan sebagai Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) oleh pelaksana tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sudirman, di Upperhills Convention Hall, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Jumat (9/4/2021).

Selain wali kota Parepare, Andi Sudirman Sulaiman juga mengukuhkan TP2DD dari 23 kabupaten/kota lainnya di Sulsel.

Dalam sambutannya, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi pembentukan TP2DD yang diinisiasi oleh Bank Indonesia. Khususnya dengan standardisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari BI yakni Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Baca Juga : Depan Airlangga, Taufan Pawe Tegaskan Golkar Sulsel All Out Menangkan Prabowo-Gibran

Ia berharap, pembentukan tim ini bertujuan salah satunya guna mendorong peningkatan pendapatan asli daerah melalui Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

"Transaksi digitalisasi dibutuhkan pada kondisi pandemi Covid-19 ini. Saya kagum dengan loncatan pengguna QRIS 163,5 persen (yoy) oleh pedagang di atas nasional yang 115,1 persen (yoy). Saya yakin kepala daerah kita akan menyebarkan ke masyarakat dan memperbesar akses transaksi digital. Dan inilah era baru yang akan kita jalani kedepan," katanya.

Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengaparesiasi adanya standardisasi pembayaran menggunakan metode QR Code atau Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dari Bank Indonesia. TP menilai, hal ini merupakan inovasi dalam upaya pemulihan ekonomi nasional di masa pendemi Covid-19.

Baca Juga : Sepak Terjang Advokat Taufan Pawe yang Kini Masuk Tim Hukum Prabowo-Gibran

"QRIS merupakan solusi dalam upaya pemulihan ekonomi nasional di masa pendemi. Karena kita dapat melakukan pembayaran tanpa tatap muka atau juga bisa lebih cepat," katanya.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini menambahkan, inovasi Bank Indonesia sejalan dengan program Pemkot Parepare dalam dukungan transaksi digital untuk peningkatan ekonomi. Khususnya pada kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Untuk itu dirinya meminta jajarannya untuk dapat memperluas digitalisasi. Terutama pemanfaatan QRIS untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Baca Juga : Berprestasi dan Bersih, DPP Golkar Tunjuk Taufan Pawe sebagai Bacalon Gubernur Sulsel

"Saya berkeyakinan hal ini sangat efektif dalam pemulihan ekonomi. Karena semua keterbatasan kita dalam pemulihan ekonomi bisa menjadi solusi terbaik dengan adanya transaksi digital seperti ini (QRIS)," pungkasnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#parepare #taufan pawe