Jumat, 09 April 2021 10:18

Wanita Ini Merasa Ada Bola Menggelinding Dalam Tubuhnya, Setelah Dicek Ternyata Ginjalnya Jatuh

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Sudah lama perempuan ini merasa sakit di bagian perut. Ternyata ginjal kanannya jatuh lebih dari 2 inci kurang lebih 6 cm ke bawah.

RAKYATKU.COM - Seorang perempuan yang tidak disebutkan namanya dari Michigan, Amerika Serikat, selalu mengalami rasa sakit setiap kali ia berdiri. Anehnya, setiap bangun tidur, ia merasa seperti ada sebuah bola yang menggelinding di dalam tubuhnya.

“Bola” ini menurut para dokter ahli urologi di Rumah Sakit Henry Ford di Detroit, Michigan, adalah ginjal kanan dari perempuan ini. Ini adalah sebuah kasus yang langka yang secara medis disebut dengan floating kidney.

Rupanya perempuan ini sudah mengalami rasa sakit pada bagian perutnya ini selama kurang lebih 6 tahun. Ia mengungkapkan bahwa rasa sakit ini berkurang saat dirinya tengah hamil.

Baca Juga : Mau Bayar Utang Tapi Tak Punya Uang, Banyak Warga Afghanistan Jual Ginjal

Meskipun ia telah melakukan scan dan mendapat hasil bahwa semuanya normal, tim dokter awalnya tidak bisa memberikan kesimpulan atas apa yang ia derita. Lalu mereka melakukan scan saat ia berdiri, dan benar saja hasilnya menunjukkan kalo ginjal perempuan itu mengambang.

Secara medis ini disebut dengan istilah nephroptosis, yaitu ketika salah satu ginjal jatuh ke panggul pada saat seseorang berdiri. Kondisi ginjal mengambang ini disebabkan karena lemak tubuh.

 

Banyaknya lemak yang ada di sekitar ginjal mampu menjaga ginjal agar tetap pada posisinya. Sebaliknya, orang yang bertubuh terlalu kurus dan tidak berlemak membuat ginjal tidak tertopang dengan sempurna pada tempatnya.

Baca Juga : Pengin Beli Mobil Idaman Tapi Tak Punya Uang, Pria Ini Akhirnya Menjual Satu Ginjalnya

Dokter mengungkapkan bahwa ginjal kanannya jatuh lebih dari 2 inci kurang lebih 6 cm ke bawah. Itulah sebabnya ia terus menerus merasa sakit. Untungnya kini setelah melakukan operasi, perempuan ini tidak lagi merasakan sakit.

#ginjal